Presiden Jokowi Rencana Ikut Pawai Pesta Kesenian Bali

0
806
Presiden Joko Widodo saat Pawai budaya di Jakarta (Foto: m.infospesial.net)

DENPASAR, test.test.bisniswisata.co.id: Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38 bakal menarik dan berbada dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Menariknya setelah Presiden Joko Widodo membuka pesta seni pada Sabtu (11/06/2016), dijadwalkan turun dari panggung utama kemudian berbaur dalam pawai bersama duta kesenian.

Pawai PKB dimulai depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, Denpasar. “Jadi, Bapak Presiden tidak saja melepas pawai, tetapi rencananya juga ingin bersama-sama mengikuti pawai. Presiden rencananya akan naik mobil hias, ataupun bisa pula berjalan kaki dengan peserta pawai,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Putu Beratha, di Denpasar, Jumat (10/6/2016).

Karena ada permintaan Presiden seperti itu, menurut Beratha, rute pawai pun diubah. Pawai akan dimulai dari depan panggung kehormatan di depan Monumen Bajra Sandi – ke barat menyusuri Jalan Raya Puputan – Jalan Kusuma Atmaja (barat lapangan Puputan Margarana) – Jalan Cok Agung Tresna – dan berakhir di depan Dinas Kebudayaan Bali di Jalan Juanda.

“Perubahan rute pawai ini atas permintaan Bapak Presiden agar rutenya dibuat lebih panjang. Sementara Bapak Gubernur mengharapkan supaya Bapak Presiden bisa masuk dalam pawai sebelum kontingen terakhir,” ucapnya.

Namun, kontingen mana Presiden Jokowi akan masuk tentu teknisnya akan menyesuaikan dengan keinginan Presiden saat itu. “Kami sudah koordinasi dengan aparat keamanan beserta Paspampres dan sudah dilakukan pengecekan,” ucapnya.

Sebelumnya rute pawai PKB direncanakan mengambil konsep “murwa daksina” atau putaran searah jarum jam (dari timur ke selatan) mulai dari depan Kantor Gubernur Bali ke timur lalu ke selatan mengitari Lapangan Puputan Margarana kemudian ke barat menuju panggung kehormatan di depan Monumen Bajra Sandhi.

Pawai PKB akan diikuti oleh 15 kontingen yakni dari ISI Denpasar, sembilan kabupaten/kota, partisipan luar negeri dari Perancis, India, dan Timor Leste, partisipan dari Nusa Tenggara Timur, dan ditutup dengan drumband dari Universitas Udayana.

PKB yang mengangkat tema “Karang Awak, Mencintai Tanah Kelahiran” itu, pawainya akan dilaksanakan mulai pukul 14.00 Wita dan diharapkan selesai paling lambat pukul 16.30 Wita. Pesta kesenian tahunan masyarakat Bali itu akan berlangsung selama sebulan penuh dari 11 Juni – 9 Juli 2016 di Taman Budaya Art Center Bali, Denpasar. (*/KMP)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.