Presiden Jokowi Minta Pariwisata Belitung Digenjot

0
1294

BELITUNG, test.test.bisniswisata.co.id: PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mengakui adanya pelemahan harga komoditas, salah satunya adalah timah. Atas dasar itu, kepala negara minta jajaran menterinya untuk mengarahkan investasi dan menggenjot sektor pariwisata ke Kabupaten Belitung selaku wilayah produsen timah, setelah adanya pengoperasian pelabuhan baru.

“Tidak hanya timah, tetapi (komoditas) yang lain juga sama, termasuk pariwisata,” katanya dalam kunjungan kerja di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel) seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Minggu (21/06/2015).

Dalam kunjungannya, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana dan sejumlah menteri Kabinet Kerja untuk meresmikan pengoperasian Pelabuhan Tanjung Batu serta membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Jokowi berharap peresmian pengoperasian Pelabuhan Tanjung Batu ini akan memperkuat perekonomian di Belitung, disamping juga membuka akses lebih luas ke daerah ini, serta menjadikannya sebagai destinasi pariwisata.

Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Solo meminta Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengarahkan investasi ke Kawasan Industri Belitung, Bangka Belitung, setelah Pelabuhan Tanjung Batu itu dioperasikan. “Di sini ada kawasan industri seluas 1.400 hektare, kita minta Menko Perekonomian dan BKPM mengarahkan investasi ke kawasan itu,” lontar Jokowi .

Presiden juga menegaskan, terbuka kemungkinan pelabuhan tersebut dikembangkan lagi setelah melihat perkembangan dalam beberapa waktu ke depan. “Harus ada kegiatan dulu,” katanya.

Penyediaan air dan BBM bagi kapal menjadi kegiatan yang dapat dikembangkan di pelabuhan itu. “Nanti enam bulan setelah ini kita lihat bagaimana perkembangannya, saya ingin lihat pelabuhan ini bisa dibesarkan lagi,” Kata Jokowi.

Pariwisata Pulau Belitung di Provinsi Bangka Belitung sangat identik dengan novel atau film Laskar Pelangi karena berkat film yang diputar tahun 2008 itu keindahan alam pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Sumatera tersebut menjadi terkenal di seluruh nusantara bahkan dunia.

Destinasi wisata Belitung memang lebih didominasi pantai dan pulau yang sangat indah, perawan dan menawan. Juga ada wisata danau, lokasi syuting film Laskar Pelangi. Tercatat ada 9 destinasi wisata Belitung yang wajib dikunjungi. Destinasi itu:

01. Pantai Parai Tenggiri

Tempat wisata di Bangka Belitung yang pertama kita menuju ke Pantai Parai Tenggiri, lokasinya berada di daerah matras Sungailiat. Pantai di Bangka Belitung ini salah satu yang menjadi favorit para wisatawan untuk liburan. Di Pantai Parai Tenggiri ini kita dapat menjumpai hiasan alam berupa tumpukan batu granit yang besar dengan bentuk yang beragam menghiasi pantai parai tenggiri ini. Bagi pengunjung yang ingin menginap di sini juga bisa, pantai ini memiliki sebuah resort dengan hotel bintang 4 yakni Parai Beach Resort.

02. Pantai Tanjung Pesona

Seperti ciri khas pantai yang ada di Bangka Belitung, Pantai Tanjung Pesona ini juga memadukan perpaduan antara pasir putih dan bebatuan yang tertata menghiasi pantai. Pantai Tanjung Pesona ini berada di Desa Rambak kecamatan Sungailiat, sekitar 1 jam dari Bandara Depati Amir, Pangkalpinang. Pantainya sudah dikelola dengan baik dan juga tersedia penginapan di Pantai Tanjung Pesona.

03. Pantai Matras

Pantai Matras terletak di Desa Matras, Kecamatan Sungailiat, Pantai Matras ini landai, luas serta berpasir putih dan terdapat aliran air tawar. Dengan panjang 3 km dan lebar 20 – 30 meter mungkin ini adalah Pantai terpanjang dan terluas di Bangka Belitung. Tersedia juga penginapan, hotel dan tempat hiburan bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan.

04. Danau Sekar Biru

Danau Sekar Biru sesuai dengan namanya Danau ini airnya berwarna biru dan sekilas mirip seperti kawah putih ciwidey, namun air danau sekar biru ini berwarna biru kemungkinan karena pantulan sinar matahari ke dasar danau yang berdinding tanah kaolin (tanah liat galian timah). Danau ini berada di sekitar Taman Salim Perumnas Desa Sekar Biru Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat.

05. Pantai Tanjung Kalian

Pantai Tanjung Kalian selain memiliki pantai yang bersih dan indah, pantai tanjung kalian ini juga memiliki warisan sejarah berupa bekas kapal perang dunia II. Pantai Tanjung Kalian ini jaraknya kurang lebih 10 km dari Kota Muntok, Bangka Barat. Selain kapal parang disini juga terdapat mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun pada 1862.

06. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Pantai Tanjung Kelayang ini merupakan pintu gerbang atau tempat dimana para wisatawan bisa menuju ke pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Di Pantai Tanjung Kelayang ini ada sesuatu yang cukup menarik yaitu berupa batu yang menyerupai kepala burung yang dapat dilihat dari pantai Tanjung Kelayang Bangka Belitung.

07. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi merupakan Pantai di Bangka Belitung yang dijadikan tempat lokasi syuting film laskar pelangi, oleh karena itu Pantai Tanjung Tinggi ini sangat terkenal dan cukup ramai dikunjungi para wisatawan yang penasaran dengan pantai ini. Pantai Tanjung Tinggi ini berada sekitar 30 km dari Kota Tanjung Pandan. Di samping itu, ombak yang tenang dan jernih membuat wisatawa aman untuk berenang. Pantai ini memang salah satu pantai yang sangat indah. Di sepanjang pesisir patai berpasir putih bersih dihiasi batu-batu besar tertata rapi secara alami sehingga menyajikan panorama yang mempesona.

08. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas ini sangat terkenal dengan mercusuar yang dibangun oleh Belanda tahun 1882, selain menikmati pantainya para wisatawan juga bisa naik ke atas mercusuar tersebut untuk menikmati pemandangan pulau lengkuas dari ketinggian. Anda bisa menuju ke Pulau Lengkuas ini dengan menggunakan perahu dari Pantai Tanjung Kelayang dan sebelumnya mampir dulu ke Pulau Pasir.

09. Lokasi Syuting Film Laskar Pelangi

Sukesnya film tersebut, kini lokasi-lokasi syuting film tersebut menjadi salah satu tujuan wisata. Ada dua lokasi syuting yang selalu menjadi incaran wisatawan yakni Pantai Tanjung Tinggi di Kabupaten Belitung dan “sekolah SD Muhammadiyah” di Belitung Timur tempat laskar pelangi menimba ilmu. Juga ada Museum Kata Andre Hirata di Belitung Timur yang menyajikan segala sesuatu mengenai novel dan film Laskar Pelangi. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.