Presiden Jokowi: Membanggakan, Tujuh Bupati Bangun Danau Toba

0
880
Presiden Joko Widodo di Danau Toba

SIMALUNGUN, test.test.bisniswisata.co.id: KUNJUNGAN Presiden Joko Widodo ke Sumatera Utara, Selasa (1/3), sempat melihat-lihat Danau Toba. Juga mengumpulkan tujuh bupati yang berkuasa di destinasi prioritas Danau Toba. Dalam pertemuan itu, Kepala Negara merasa bangga karena tujuh bupati mulai bersinergi satu sama lain membuat Danau Toba memikat hati pelancong, terutama mancanegara.

“Membanggakan. Tujuh bupati sepakat membangun Danau Toba. Toba akan jadi tujuan wisata dunia -Jkw,” cuit Jokowi dalam akun twitter resminya @Jokowi, Selasa (1/3/2016) malam.

Dalam cuitan itu, Jokowi menyertakan dua buah foto yang menggambarkan dirinya berada di Danau Toba. Pertama sebuah pose di mana Jokowi, didampingi sejumlah staf yang di antaranya Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan pidato. Kemudian, pose Jokowi yang sedang menunjuk Danau Toba dan hamparan alam di sekitarnya.

Kebanggaan Jokowi itu muncul setelah rapat pembentukan Badan Otoritas Pembangunan Infrastruktur untuk Destinasi Wisata Danau Toba digelar di Hotel Niagara, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Jokowi menyadari pemerintah pusat tidak akan berdaya ketika tujuh bupati ini tidak bersinergi memajukan pariwisata Danau Toba. Karena itu badan otroitas dibentuk dan diberikan kewenangan terkait perizinan kawasan wisata yang luasnya mencapai 500 hektare.

Selain itu, Bandara Silangit merupakan pintu masuk udara terdekat dengan kawasan Danau Toba, direnovasi. Pemerintah memperpanjang runway-nya dan memperluas terminalnya. Begitu pun akses darat dari dan ke Danau Toba.

Menurut Jokowi akses dari Simalungun ke Danau Toba sudah lebih baik. Namun yang akan diperbaiki ke depannya adalah akses di tengah Pulau Samosir, Muara, Simalungun dan rencana pembangunan tol Tebing Tinggi-Rantau Prapat.

“Tentunya akan dibangun hotel dan beberapa kawasan di sini, yang kita harapkan dengan fasilitas-fasilitas yang lebih baik, akan juga mendatangkan wisatawan nusantara dan dari luar lebih banyak lagi,” kata Jokowi seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet Rabu (2/3/2016).

Kepada tujuh bupati ini, Jokowi juga meminta agar mendekati para pengusaha yang memiliki andil merusak ekosistem Danau Toba dan sekitarnya. Jokowi ingin para bupati melakukan pendekatan khusus.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sangat berharap para pelancong memiliki ketertarikan pada wisata Danau Toba. Semakin banyak dari tahun ke tahun. Semoga kebanggaan Jokowi ini tidak luntur.

Pengembangan kawasan wisata Danau Toba ini merupakan tindaklanjut dari Rapat Terbatas pada 2 Februari 2016 mengenai percepatan pertumbuhan sektor wisata. Danau Toba masuk di antara sepuluh destinasi wisata prioritas. Selain itu Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Toba, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, dan Tanjung Kelayang. (*/a)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.