Presiden Jokowi Kunjungi Objek Wisata Religi Tapanuli Tengah

0
600
Pemakaman Mahligai Barus, di Desa Sihorbo, Kecamatan Barus Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

BARUS, SUMATERA UTARA, Bisniswisata.co.id: Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi salah satu kawasan objek wisata religi, yaitu Pemakaman Mahligai Barus, di Desa Sihorbo, Kecamatan Barus Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Juga meresmikan Titik Nol Penyebaran Agama Islam di Nusantara.

Selain menjadi media promosi berharga bagi pengembangan wisata sejarah dan religi di Kabupaten Tapanuli Tengah, kunjungan Kepala Negara juga sebagai bukti sejarah hubungan Indonesia dan Timur Tengah sejak ratusan tahun yang lalu. “Ini menunjukkan hubungan antara Timur Tengah dengan Indonesia itu sudah ada sejak abad ke 6. Jadi kalau di Masehi itu 661 Masehi, 48 Hijriah, jadi artinya memang ratusan tahun yang lalu hubungan itu telah ada,” ujar Presiden Jokowi kepada wartawan disela-sela kunjungannya, Jumat (24/03/2017).

Kepala Negara menjelaskan hubungan terjalin dengan Timur Tengah salah satunya adalah hubungan perdagangan. Mengingat wilayah Barus merupakan penghasil kapur barus dan rempah-rempah yang terkenal hingga ke Timur Tengah bahkan kawasan Eropa. “Hubungan yang sifatnya dagang mencari disini kapur barus, merica, kemiri, kemenyan, semuanya ada dari Barus dan sekitarnya,” ungkapnya.

Dan, pemakaman Mahligai Barus yang terbentang di atas bukit seluas 3 hektare, terdapat sejumlah makam ulama besar asal Timur Tengah. Ini menunjukkan hubungan Indonesia dan Timur Tengah terjalin dalam rangka penyebaran agama Islam sekaligus jejak sejarah masuknya agama Islam ke Indonesia. “Juga disitu pasti ada syiarnya,” ucap Presiden.

Karena itu, tak heran jika hubungan Indonesia dengan Timur Tengah berjalan dengan baik sejak sebelum kemerdekaan. Presiden pun meyakini jika hubungan baik tersebut akan terus terjalin di masa mendatang. “Hubungan kita dengan Timur Tengah sudah lama sekali, ya kalau sekarang ini semakin erat ya memang sudah sewajarnya karena dulu saja sudah dekat, sudah erat, sekarang kalau semakin erat juga semakin baik,” ujar Presiden.

Pejabat Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah, Bukit Tambunan mengatakan, kunjungan Presiden Jokowi juga meresmikan Titik Nol Penyebaran Agama Islam di Nusantara. Hal ini menjadi momentum bersejarah ‎bagi masyarakat Barus. Sebagai kota pelabuhan pertama di Sumatera Utara, Barus berperan signifikan bagi penyebaran agama Islam, Kristen, dan Katholik di Sumatera Utara.

“Ini momentum yang tepat bagi kami untuk mengembangkan‎ wisata religi di Barus. Kami punya makam bersejarah, baik agama Islam, Kristen, dan Katholik. Barus menjadi titik awal penyebaran agama,” kata Tambunan saat mendampingi Presiden Jokowi di Kabupaten Tapanuli Tengah.

Dia optimistis berkembangnya sektor pariwisata nasional saat ini, akan mendorong investasi serta tumbuhnya sentra industri baru di daerah yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan. “Kami mengundang investor untuk mengembangkan sektor pariwisata di Barus,” kata Tambunan.

Menurut Tambunan, selain memiliki situs Islam berupa makam kuno Mahligai dan Papan Tinggi, di Barus juga ada situs agama Kristen dan Katholik. “Jelas bahwa Barus pernah menjadi pusat peradaban di Sumatera Utara. Barus adalah kota pelabuhan yang ramai di masa lalu, para saudagar dari berbagai Eropa, Timur Tengah, Persia, dan Asia pernah mengunjungi Barus,” katanya.

Di Barus juga terdapat situs bersejarah umat Kristiani seperti sumur Nommensen, misonaris yang menyebarkan agama Kristen di Tanah Batak. Selain itu, di daerah Lobu Tua juga terdapat situs agama Katholik. “Kami akan terus mengembangkan wisata religi selain wisata bahari seperti Pulau Mursala dengan air terjun Mursala, ” katanya.

Selain wisata religi, Tapanuli Tengah juga memiliki destinasi wisata yang menakjubkan. Beberapa objek wisata lainnya yang menawarkan alam dan keasriannya akan membuat anda terpukau. Berikut ini adalah objek wisata di Tapanuli Tengah yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja.

01. Pulau Mursala

Disebut juga Mansalar Island. Anyway, pulau ini pernah menjadi lokasi syuting film “King-King” yang diproduksi label kenamaan dari luar negeri, mungkin kamu pernah menontonnya?. Pulau ini berjarak sekitar 3 km dari Pandan, Ibukota Tapanuli Tengah. Transportasi menuju Pulau Mursala biasanya menggunakan boat atau kapal. Keunikan dari pulau ini adalah terdapat air terjun yang langsung jatuh ke laut.

02. Pulau Putri

Pulau Putri letaknya berdekatan dengan pulau Mursala, di pulau inilah satu-satunya terdapat akomodasi penginapan, berbeda dengan pulau Mursala yang memang belum terdapat bangunan disana. Nah aktivitas seperti snorkeling dan juga berenang cocoknya di Pulau Putri. Menurut mitos dan legenda masyarakat Tapanuli Tengah, pulau Putri dulunya adalah tempat bagi seorang putri yang diasingkan oleh ayahandanya sendiri.

03. Makam Papan Tinggi Raja

Barus sudah dikenal sebagi pintu masuk bagi agama Islam di wilayah Barat Indonesia. Masuk ke dalam wilayah kabupaten Tapanuli Tengah, Barus layak disebut kota tua yang memikat dan memiliki sejarah besar. Salah satu bentuk peninggalan di Barus yang hingga saat ini masih kerap dikunjungi oleh wisatawan adalah Makam Papan Tinggi Raja dimana ulama-ulama muslim banyak dimakamkan. Dari sekitar lokasi anda dapat dengan mudah melihat dan menyaksikan secara langsung keindahan panorama alam Tapanuli Tengah. Untuk menuju Papan Tinggi Raja anda harus melewati Tangga 1000 yang fenomenal karena tangga ini adalah satu-satunya penghubung anda menuju Makam Papan Tinggi Raja.

04. Air Terjun Silima-Lima

Air Terjun Silima-Lima melengkapi panorama dan wisata alam di Kabupaten Tapanuli Tengah. Air terjun ini telah sah dijadikan sebagai objek wisata oleh pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah jadi kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai sarana dan prasarana yang ada di lokasi wisata.

05. Pantai Pandan
Pandan berada di tepi laut, ibukota dari Tapanuli Tengah ini memang mengagumkan. Salah satu yang menjadi daya tarik Pandan adalah garis pantai yang memanjang dan berdekatan dengan beberapa pantai lainnya di Tapanuli Tengah hingga ke Sibolga, sebut saja Pantai Bosur. Menghabiskan waktu di Pantai Pandan terutama saat matahari terbenam dan terbit seraya menyaksikan kecipak air laut yang menyentuh bibir pantai pasti akan sangat menyenangkan.

06. Pulau Kalimatung

Pulau Kalimatung ini merupakan pulau kecil nan memukau disekitar kawasan Pulau Murshala, jadi letaknya masih berdekatan gitu travelers. Kalimatung amat jarang dikunjungi oleh wisatawan karena pulau ini sama sekali tidak berpenghuni. Tetapi jangan khawatir, hal inilah yang justru menjadikan pulau kecil di Samudera Indonesia ini menjadi destinasi wisata yang menakjubkan serta layak diperbincangkan.

07. Pulau Bakkar

Garis bawahi yah double K, kalau single K berarti kita perlu api. Nah travelers, Pulau Bakkar adalah spot terbaik untuk menyaksikan secara langsung keindahan panorama bawah laut Tapanuli Tengah. Pulau Bakar juga sama sekali tidak dihuni sama seperti Kalimatung. Tetapi keindahan dan panorama terumbu karang, ikan hias dan gradasi warna lautnya itu loh bakal membuat kamu benar-benar tergoda. (*/BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.