Pohon Taman Margasatwa Ragunan Tumbang, 12 Turis Lokal Cedera

0
1469

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Wisatawan lokal yang berkunjung Taman Margasatwa Ragunan Jakarta Selatan dikejutkan dengan pohon tumbang, dekat kandang macan Sumatera, Ahad (17/9/2017). Akibatnya 6 orang dewasa, 5 anak-anak dan 1 bayi berusia 2 tahun mengalami cedera berat hingga ringgan dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Padahal, kondisi cuaca di kebun binatang ini sangat cerah dan tidak ada hujan, namun suasana menjadi mencekam setelah pohon sengon ambruk secara mendadak. Pohon besar itu menimpa 12 pengunjung yang tengah bersantai dan menikmati binatang buas, macan yang tengah leha-leha didalam kandangannya.

Kejadian yang terjadi siang bolong sekira pukul 12:50 siang, namun baru dilaporkan ke polisi sekira pukul 18:30 petang. Polisi tak bisa berbuat banyak lantaran laporan kejadian terlambat. Apalagi, tempat kejadian pohon tumbang sudah dibersihkan petugas Ragunan.

Informasi yang dihimpun tiga security Taman Margasatwa Ragunan, Neman, M. Idris, dan Saaman, melapor kepada petugas Polsek Pasar Minggu, yang saat itu sedang bertugas jaga dan mendengar suara pengunjung berteriak pohon tumbang.

Melihat kerumunan pengunjung, selanjutnya ketiga security mendatangi lokasi pohon tumbang dan melihat adanya korban yang tertimpa. “Petugas pun melakukan evakuasi terhadap 12 korban, selanjutnya sekitar Pk.14.00 Siang. korban dibawa ke RSUD Pasar Minggu,” paparnya.

Petugas Polsek Pasar Minggu mendapatkan informasi dan mengecek lokasi bahwa pohon tumbang sudah dievakuasi dan sudah dirapihkan oleh pihak Ragunan. Belasan korban pun mengalami luka-luka akibat pohon tumbang.

Sembilan orang sudah dipulangkan untuk rawat jalan, Sementara tiga diobati yaitu Kokom Komariah, Derry Wiradinata dan Asep Pratama.

Kapolsek Pasar Minggu Kompol Harsono mengatakan 12 korban tersebut mengalami luka ringan. “Iya korban luka ringan, juga sangat menyayangkan kawasan pohon tumbang sudah rapi saat polisi datang, sehingga merusak TKP dan polisi tak bisa berbuat apa-apa untuk mengetahui latar belakang pohon tumbang,” kata Kapolsek.

Daftar nama nama korban sebanyak 12 orang antara lain: M. Alfathih (4 tahun), Heti Herawati (39), Ernawati (59), Adrian Putra Wijaya, (4 tahun), Muhammad Ridho, Bogor (8 tahun), Deri Wiradinata (2 tahun), Aji Tobhias jefrico (7 tahun), Jamillah, (29), Alifia Dinara (8 tahun), Asep Pratama (36), Kokom Komaria (48) dan Adyasta Prasraya (4 tahun). (*/PKO)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.