Pianis Tiongkok Dinobatkan Jadi Duta Wisata New York

0
456
Pianis Lang Lang

NEW YORK, test.test.bisniswisata.co.id: Pianis ternama asal Tiongkok, Lang Lang (34) baru saja menjadi yang pertama dinobatkan sebagai ‘Duta Wisata Budaya” kota New York, Amerika Serikat. Penobatan ini berselang tak lama dari perilisan album barunya berjudul New York Rhapsody. Lang kini memiliki peran baru untuk mempromosikan wisata New York ke mata dunia dan juga masyarakat di kampung halamannya, Tiongkok.

Dikutip dari Billboard, Jumat (23/09/2016) pengenalan Lang sebagai Duta Wisata itu dilakukan di Steinway Hall di Manhattan pada Selasa (20/9) oleh Walikota Bill de Blasio, New York bahkan menjadikan hari itu sebagai Lang Lang Day. Lang telah lama menjadi warga New York. Kurang lebih ia tinggal menetap di sana selama 10 tahun.

Kesempatan ini, diakui Lang Lang, membuat dia berharap akan lebih banyak lagi wisatawan dari Tiongkok dan juga dunia yang datang ke New York. “Tidak hanya sekedar menikmati kota, tapi juga musik. Dari musik klasik hingga suguhan seni budaya lainnya,” ujar dia.

Menurut catatan agensi wisata NYC & Company, Tiongkok telah menempati urutan teratas sebagai negara dengan warga paling banyak berkunjung ke New York, menggeser Brazil yang sebelumnya menduduki peringkat teratas.

Tahun ini, diperkirakan jumlah wisatawan Tiongkok yang bertandang ke New York sebesar 920.000 orang, naik dari 850.000 orang pada 2015. Karenanya, penobatan Lang Lang sebagai duta wisata dianggap tepat dan dapat menaikkan jumlah wisatawan yang datang ke New York.

Bahwa di kota tersebut tidak hanya ada Times Square dan Patung Liberty tapi juga lebih dari itu, dapat menikmati musik, misalnya.

New York Times melaporkan dalam pengenalan Lang Lang sebagai duta wisata, New York juga meluncurkan bus wisata dua tingkat yang di bagian depannya terdapat potret Lang. “Ini adalah upaya meningkatkan jumlah wisatawan Tiongkok datang ke New York,” ujar Christiopher Heywod, senior vice president dari NYC & Company, agensi promosi wisata kota New York.

“Setiap kawasan di New York memiliki sound and rhythm,” ujar Lang dalam video promosi wisata New York.

Lang juga memberi rekomendasi daftar tempat favoritnya di New York, antara lain Carnegie Hall, Flushing (dengan makanan otentik tiongkok), Steinway Piano Factory di Queens dan kawasan DUMBO di Brooklyn . “Kawasan tersebut paling cocok buat berkencan bersama pasangan, karena ada banyak restoran dan warung kopi,” ujarnya.

Keterlibatan Lang makin menegaskan kerjasama wisata antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Sebelumnya, pada Juli, NYC & Company mengumumkan kerja sama dua tahun dengan Shanghai Municipal Tourism Administration. (*/END)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.