PHRI Bali: Beri Australia Bebas Visa ke Indonesia

0
807
Turis Australia di Bali

DENPASAR, test.test.bisniswisata.co.id: Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali menginginkan Australia termasuk dalam negara yang bebas visa kunjungan ke Indonesia.

“Saya kira penting pengaruhnya jika warga negara Australia mendapat kebijakan bebas visa di tengah kunjungan wisatawan dari negeri Kangguru itu yang tertinggi ke Bali, ya harus diberi dong,” ujar Ketua PHRI Bali Dr Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, di Denpasar, Sabtu (17/10/2015).

Berdasarkan data kunjungan wisman ke Bali yang dihimpun oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bali, hingga Agustus 2015, jumlah kunjungan wisatawan Australia sudah mencapai 625.413 jiwa.

Secara total untuk kunjungan wisman ke Bali hingga ke Agustus 2015 mencapai 2.599.509. Adapun sepuluh besar negara yang mendatangkan wisatawan ke Bali yakni Australia, Tiongkok, Jepang, Malaysia, Inggris, Korea Selatan, Singapura, Taiwan, Prancis, dan Amerika.

Menurutnya, dengan melihat situasi perekonomian dunia sekarang ini, pihaknya berharap lewat kebijakan bebas visa itu dapat mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali. Dengan adanya bebas visa, sekalipun semakin banyak wisatawan yang ke Bali, jika masih menjunjung nilai-nilai budaya tentu tidak masalah.

“Yang kami khawatirkan dan menjadi masalah adalah ketika banyak wisatawan yang datang, tetapi mereka tidak menghormati budaya Bali,” ujar mantan Bupati Gianyar yang akrab dipanggil Cok Ace.

Cok Ace berpandangan dengan bebas visa masih ada beberapa filter lainnya, seperti pengontrolan paspor di bandara dan laporan ke Polsek juga masih tetap berjalan. Intinya, dari sisi pengawasan tetap harus dijaga.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Anak Agung Yuniartha Putra. Dia memprediksi, dengan kebijakan bebas visa ini akan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali. Bahkan diprediksi akan terjadi kenaikan hingga 15 persen karena banyaknya pintu masuk wisatawan ke Indonesia.

“Kebijakan ini memang harus dilakukan untuk meningkatkan wisatawan ke Indonesia. Orang bepergian, kalau prosesnya dipermudah pasti akan datang,” ujarnya seperti dikutip laman Suarapembaruan.com.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan bebas visa kunjungan bagi 90 negara di dunia, sayangnya negara tetangga Australia tidak diberikan. (*/ndy)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.