Pesona Lebaran, Ajak Masyarakat Berwisata saat Libur Lebaran

0
667
Gunung Bromo dibanjiri wisatawan (foto: http://kawanmuda.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Berbagai strategi, inovasi dan terobosan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara. Salah satunya saat momen Liburan Lebaran. Kementerian Pariwisata mengajak masyarakat untuk liburan sambil pulang kampung alias mudik, yang waktunya bersamaan dengan musim liburan sekolah pada Juni-Juli 2016. Masyarakat dapat memanfaatkan momentum untuk liburan bersama keluarga dengan tagline baru ‘Pesona Lebaran’.

“Lebaran itu bertahun-tahun ada terus, hanya saja kita tidak pernah mengemasnya dengan baik. Kami tak ingin momen tahunan ini, berlalu begitu saja. Karennya kami tawarkan agar masyarakat bisa berwisata di Hari Lebaran, atau berwisata sembari mudik ke kampung halaman, ” papar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pada acara Dialog dan Silaturahmi Menteri Pariwisata dengan Forwapar bertema Pesona Lebaran 2016 di Hotel Novotel, Jakarta Pusat, Senin (27/6/2016).

Pesona Lebaran ini, lanjut dia, Kemenpar membuat panduan paket Pesona Lebaran 2016 di kota-kota Jawa, Bali dan beberapa kota di Indonesia. yang memiliki alam, obyek sejarah, budaya, taman hiburan, event juga kuliner yang ada di daerah itu. Tercatat, ada 21 destinasi untuk Pesona Lebaran 2016 yakni Aceh, Banten, Bintan, Cipanas, Cirebon, Geopark Ciletuh, Jakarta, Jatim, Jepara, Yogya, Kudus, Labuan Bajo, Solo, Sukabumi, Sumbar, Surabaya, Tasik, Tegal, Semarang, Bogor dan Pekalongan.

Dicontohkan, jika mudik ke Aceh, beberapa objek wisatanya seperti Museum Tsunami Banda Aceh, Masjid Raya Baiturrahman, Pantai Lampuuk, Danau Laut Tawar dan lain-lain. Tak ketinggalan, aneka kuliner dan event di tiap daerah pun wajib untuk dicicipi. “Juga jika lebaran di Surabaya, jangan lewatkan mengunjungi Kampung Arab Sunan Ampel, Jembatan Suramadu, House of Sampoerna dan kulinernya yang luar biasa seperti tahu campur, rujak cingur, rawon dan lainnya,” jelasnya.

Dilanjutkan, dalam menunjang Pesona Lebaran, Kemenpar juga memanfaatkan media sosial untuk mengenalkan berbagai obyek wisata juga kuliner di daerah, dengan membuat website www.petakita.com yang bisa dibuka melalui android atau www.gomudik.com yang dibuka melalui aplikasi non android. “Di media digital ini sajiannya sangat lengkap, ya tinggal buka saja selama perjalanan, pasti akan menemukan destinasi wisata yang ada di daerah itu,” tandasnya.

Selain itu, tambah Menpar, Kemenpar juga sudah koordinasi dengan daerah, “Kita sudah kirim surat dan koordinasi setiap hari. Semua kadispar ada di bawah saya langsung, dan saya buka group WA (Whats Up) untuk kordinasi tentang berbagai hal selama mudik Lebaran. Bahkan kira surat kepada Bupati, Walikota, dan Gubernur agar memberikan kenyamanan, keamanan atau safety bagi wisatawan yang berwisata di daerah itu agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” pesan Menteri Pariwisata.

Menteri Arief Yahya mengakui selama bulan suci Ramadhan terjadi penurunan kunjungan wisatawan nusantara hingga 50 persen. Karena itu untuk mendongkrak digelar Pesona Lebaran sehingga bisa mengembalikan kunjungan yang hilang selama ramadhan. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.