Peserta Tour de Singkarak Berkurang, Kualitasnya Meningkat

0
892
tour de singkarak (foto: www.skyscrapercity.com)

SOLOK, test.test.bisniswisata.co.id: Event sport tourism balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2016, dimulai Sabtu (06/08/2016). Namun event yang sudah berlangsung sejak 2009 itu, pesertanya berkurang dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2015, TdS diikuti 24 tim. Sedangkan tahun 2016 hanya 19 tim.

“Memang jumlah tim berkurang, namun dari jumlah kenegaraan, pebalap yang mengikuti TdS naik sebanyak 24 negara. Bahkan pebalap yang ikut berkualitas karena peserta dari asing adalah mereka yang juara di negaranya. Ini menunjukkan kualitasnya meningkat,” papar Direktur Lomba TdS 2016, Jamaludin Mahmood disela-sela start di Dermaga Singkarak Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Sabtu (o6/08/2016).

Dilanjutkan kuantitas tidak menjamin kuliatas. Seperti tahun lalu dengan tiga tim dari Iran mereka tampil sangat dominan, tapi tahun 2016 ini, tim dari Iran hanya ada satu. Hal itu akan semakin meningkatkan kualitas TdS.

Jamal membantah tidak banyaknya pebalap internasional turun di TdS, karena eventnya berbarengan dengan Olimpade Brazil. Tahun ini beberapa peserta top yang mengikuti TdS, seperti tim Iran yang diperkuat juara tahun lalu, Amir Zargari tetap tampil. Selain itu juga ada tim Jepang yang merupakan tim top di Asia, juga ada tim Kenya yang merupakan 10 besar terbaik di Afrika.

Tahun ini, perlombaan star di destinasi wisata Danau Singkarak. Danau terbesar di Sumatera Barat ini merupakan ikon
lomba balapan yang digelar sejak tahun 2009. Para pembalap berpacu mengelilingi tepi danau tersebut untuk menempuh jarak 95,8 kilometer.

Selain itu,para pembalap akan melewati Solok, Tanah Datar,Limapuluh kota dan finish di Ngalau Indah Payakumbuh.
Pembalap-pembalap itu berasal dari 23 negara.

Rutenya, dari Dermaga Danau Singkarak, pembalap akamelewati Ombilin-Rambatan-Pasar Batusangkar-Baso-Kantor Balai Kota Payakumbuh-Limbuhan-Labuh Basilang-Pasar Tugu Adi Putra-Simpang Kaniang Bukit-Simpang Napar-Simpang Bunian-Simpang Kasda dan berakhir di Ngalau Indah.

Etape pembuka ini tidak begitu menantang. Hanya ada satu titik King of Mountain (KOM) level satu. Tepatnya di kawasan Rao dengan tanjakan setinggi 906 meter. Sedangkan titik sprint berad di kawasan Serikat Batusangkar atau 31,2 kilometer dari garis star.

Pelbagai keindahan alam akan tersaji di etape ini. Selain Danau Singkarak, juga ada hamparan sawah bertingkat di kawasan Batusangkar.

Lomba balap sepeda internasional ini akan diikuti 19 tim dari 12 negara. Tim-tim itu terdiri dari Terengganu Cycling
Team, Singha Infinite Cycling, Black Inc Cycling Team, Kinan Cycling Team, Korail Cycling Team, St George Merida, Data #3 Symantec, Kenya Riders Downunder, Pegasus Cycling Team, Action Cycling Team, Hong Kong National Team, 7 Eleven-Sava Cycling Team, Pishgaman Cycling Team, Indonesia National Team, KFC Cycling Team (Indonesia), CCC-Indonesia, dan BBC Pesel Bank Nagari, BRCC Banyuwangi, serta United Bike Kencana. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.