Pertunjukan Musik: Jejak Suara Suvarnadvipa

0
776


JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id:
Yayasan Kelola menggelar pertunjukan musik bertema “Jejak Suara Suvarnadvipa”. Performce musik ini akan digelar di tiga kota.

Hari I: Jum’at, 24 Oktober 2014 di edung Balai Budaya, Surabaya, pada pukul 20:00 – 22:00 WIB. Hari II: Rabu, 29 Oktober 2014 di Teater Arena, Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta, pada pukul 20:00 – 22:00 WIB dan Hari III: Sabtu, 1 November 2014 di Celah-Celah Langit, Bandung, pada pukul 20:00 – 22:00 WIB

Pentas musik ini Terbuka untuk umum, dengan menampilkan Komposer: Rino Dezapaty (Peraih Hibah Seni Kelola 2014 – Kategori Pentas Keliling)

Musik bertajuk Jejak Suara Suvarnadvipa mengungkap Epik Ramayana menyebutkan Svarnadvipa sebagai pulau emas di dataran Sumatra. Inilah kisah masa keemasan pusat kerajaan Sriwijaya,” kata Rino Dezapati (gambus, calempong, vokal). “RRCI mempresentasikan sensasi Svarnadvipa dalam bentuk komposisi musikal.” Selain sastra lisan asli Kampar, Rino dan kawan-kawan juga mengeksplorasi instrumen khas Kampar – calempong, gendang panjang, gong, dan gambang.

Embrio RRCI, diakui Rino, mewujud usai ia berkeliling Prancis bersama Sanggar Laksemana Riau untuk mengikuti folklore festival. Dengan mengusung filosofi “belajar dari tradisi, menemukan jati diri dan di situlah kita sesungguhnya,” RRCI mengkreasikan karya pertama Berkali Zapin pada 2002 yang memadukan musik elektronik, instrumen tradisional gambus dan akordeon melayu.

Program Hibah Seni Kelola didanai oleh First State Investments Indonesia & Hivos.

Menanggapi kebutuhan pendanaan untuk seni pertunjukan, Hibah Seni Kelola menawarkan dana produksi untuk seniman perorangan maupun kelompok kesenian untuk mewujudkan karya seni pertunjukan. Anda bisa mengakses pedoman Hibah Seni di

Bersama Kelola, mari kita buka peluang belajar dan berkarya bagi pelaku seni dan budaya Indonesia. Dukungan Anda, dengan hadir dan menyaksikan pertunjukan ini akan besar artinya bagi kesenian Indonesia. (marcapada@yahoo.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.