Persiapan Menghadapi Ujian dengan “Quipper Video”

0
1006

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Menghadapi Ujian Akhir Semester ditambah lagi dengan Ujian Nasional (UN), serta persiapan menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tentu membuat murid-murid kelas 12 di sekolah manapun dan orangtua merasa tertekan dan khawatir.

“Yang menjadi pertanyaan apakah setiap murid mampu menjalankan semua persiapan tersebut, serta apakah para orangtua memahami benar apa yang dirasakan oleh setiap putra atau putrinya?,” ujar Psikolog, Roslina Verauli saat ditemui Bisniswisata pada acara peluncuran Quipper Video di Auditorium Gold CGV Blitz, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/15).

Selain itu menurutnya, tentu kita tidak dapat melupakan kenyataan bahwa setiap anak dalam hal ini, murid kelas 12 juga masih memiliki kegiatan lain yang sesuai degan minat dan bakatnya. Belum lagi mereka pun harus tetap dapat menikmati dan menjalankan kegiatan sosial lainnya sebagai remaja.

Ia mengatakan, “Jika peraturan dibuat terlalu ketat, walaupun dengan tujuan yang positif, para remaja dikhawatirkan akan semakin tertekan dan pada akhirnya menjadi malas untuk menjalankan semua persiapan tersebut”.

Langkah terbaik bagi para orangtua, yakni membicarakannya secara terbuka bersama putra-putrinya agar tercapai satu kesepakatan bersama.

“Target apa yang harus dicapai oleh putra-putrinya, lalu kegiatan atau program seperti apa yang dapat mereka jalankan dengan kemampuan dan kenyamanan masing-masing. Selain itu, bisa dibuat juga pola hukuman dan ganjaran yang akan diterima, baik dari sisi anak maupun orangtua jika ada salah satu dari mereka melanggar kesepakatan,” jelas Verauli.

Lebih lanjut psikolog yang sering mendampingi permasalahan para remaja ini, mengatakan, “Seperti yang kita ketahui, selain guru-guru di sekolah memberikan kelas tambahan diluar jam sekolah, banyak fasilitas bimbingan belajar dimana setiap murid kelas 12 dapat mempersiapkan dan membekali diri untuk menghadapi ujian”.

“Berbagai latihan ujian bersama pun kerap dilaksanakan oleh tempat bimbingan belajar bersama yang ada di setiap kota. Setiap murid tentunya akan bergabung, namun apakah setiap oranguta mampu menyiapkan dana untuk hal tersebut, dan bagaimana putra-putri menyiapkan jadwal tambahan di aktivitas sehari-hari mengingat kemacetan menyita waktu?”, ungkapnya.

Menurutnya, saat ini sudah eranya digital. Untuk belajar menjadi lebih fun, putra-putri kelas 12 bisa saja difasilitasi belajarnya dengan teknologi digital.

“Mereka menjadi punya motivasi untuk belajar dan semanat, tugas-tugasnya menjadi lebih positif, bisa dikerjakan dimana dan kapan saja, dan tentunya terpacu untuk mencapai gold,” tambahnya.

Untuk membantu murid kelas 12 dalam mempersiapkan diri mengikuti ujian nasional dan mewujudkan harapan masuk perguruan tinggi, Quipper Video—solusi belajar dengan platform e-learning di Indoensia hadir sejak Agustus 2015.

“Quipper Video dapat diakses melalui htttp://video.quipper.com, dengan konten 10 mata pelajaran mencakup matematika, IPA, IPS dengan total 220 jam video, 1.000 topik belajar dan lebih dari 4.000 soal latihan dan terus ditambah secara berkala,” ujar Marketing Manager Quipper, Ltd, Tri Nuraini.

Materi disampaikan oleh para pemberi materi, yang sudah berpengalaman di bidang masing-masing, serta memiliki kemampuan untuk menyampaikan materi pelajaran melalui video, secara interaktif dan menarik, sehingga setiap murid akan merasakan kehadiran para pemberi materi seperti layaknya seorang pengajar di kelas mereka.

“Kedepannya kami akan segera menyajikan materi pelajaran tidak saja untuk murid kelas 12, tetapi untuk semua murid dari setiap tingkatan,” tutupnya. (evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here