Persaingan Industri Perhotelan Makassar Kian Ketat

0
1021

MAKASSAR, test.test.bisniswisata.co.id: Persaingan bisnis industri perhotelan akan semakin ketat, seiring dengan ekspansi sejumlah jaringan hotel nasional ke Kota Makassar yang terus mengalir.

“Sejumlah jaringan hotel nasional seperti Santika, Aston, dan Swiss Bell-in berekspansi ke Makassar khususnya pada segmen hotel budgeting,” kata Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel M. Yusuf Shandy.

Hadirnya jaringan hotel nasional ini akan membawa kompetisi perhotelan di Makassar pada level yang lebih tinggi. “Jadi, persaingannya kini bukan pada tingkat lokal lagi tetapi sudah pada tingkat nasional,” ujarnya.

Hadirnya sejumlah hotel baru ini, kata Yusuf, akan menambah jumlah kamar dari 8000 kamar menjadi 12000 kamar. “Artinya ada kenaikan jumlah kamar 50 persen,” tambahnya.

Persaingan ini, kata dia, akan semakin menantang dengan adanya kebijakan larangan rapat PNS di hotel, yang diperkirakan akan memangkas pendapatan hotel hingga 40 persen.

Untuk menghadapi tantangan ini, Yusuf mengatakan industri perhotelan telah berupaya melakukan berbagai strategi. “Diantaranya kami berupaya melakukan efisiensi dan menciptakan pasar baru,” terangnya seperti dilansir laman Antara, Rabu (31/12/2014).

Salah satunya, kata Yusuf, dengan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Makassar untuk menyelenggarakan event-event berskala nasional setiap bulan. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.