INTERNATIONAL TIPS WISATA

Perkumpulan Ginseng Korea Tegaskan Efek Konsumsi Ginseng Merah Dalam Oencegahan dan Perbaikan Demensia

Melalui kajian “Penjelasan Mekanisme Pencegahan dan Perbaikan Demensia dengan Ginseng Merah

SEOUL, bisniswisata.co.id:  Melalui penelitian berkelanjutan, rahasia ginseng, ramuan obat khas Korea, terungkap dan menunjukkan kemanjurannya.  Baru-baru ini, penelitian yang menunjukkan efek konsumsi ginseng merah secara konsisten terhadap peningkatan demensia dan fungsi kognitif telah diumumkan satu demi satu, menarik perhatian.

Konferensi akademik musim semi Masyarakat Ginseng Korea pada tahun 2023 menyaksikan Institut Penelitian Alzheimer & Demensia Universitas Konyang dan Institut Penelitian Produk Alami Perusahaan Ginseng Korea mengungkap mekanisme senyawa ginsenoside dalam ginseng mengurangi gangguan kognitif pada penyakit Alzheimer.  

Tim peneliti membagi total 18 tikus menjadi tiga kelompok (kelompok normal, tikus akibat penyakit Alzheimer, dan tikus akibat penyakit Alzheimer yang diberikan senyawa ginsenoside) untuk menganalisis perubahan protein dan metabolit otak.  

Hasilnya menunjukkan bahwa perubahan protein yang menyebabkan kerusakan sinapsis otak (persimpangan antara sel-sel saraf) dan mitokondria pada kelompok yang diinduksi penyakit Alzheimer dikembalikan ke tingkat kelompok normal melalui pemberian senyawa ginsenoside.

Lebih lanjut, tim peneliti di Departemen Psikiatri dari Rumah Sakit Hati Kudus Universitas Hallym Dongtan menegaskan bahwa konsumsi ginseng secara teratur membantu mencegah penurunan kognitif akibat penyakit Alzheimer.  

Tim tersebut melakukan studi observasional tentang hubungan antara ginseng dan fungsi kognitif, menargetkan 160 orang berusia 65 hingga 90 tahun yang tidak menderita demensia.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang mengonsumsi ginseng menunjukkan skor memori episodik (EMS) yang lebih tinggi.  

Di antara individu tanpa mutasi gen Apolipoprotein E4, yang meningkatkan risiko penyakit Alzheimer, mengonsumsi ginseng Korea terbukti efektif dalam meningkatkan EMS.  Terutama, mereka yang telah mengonsumsi ginseng selama lebih dari 5 tahun menunjukkan efek yang lebih nyata dalam mencegah penurunan fungsi kognitif awal terkait penyakit Alzheimer.

Hasil penelitian ini menunjukkan potensi kegunaan ginseng sebagai kandidat untuk mencegah dan memperbaiki kondisi seperti demensia dan gangguan kognitif ringan.  Selain itu, temuan ini menjelaskan mengapa ginseng telah dihargai sebagai suplemen kesehatan terbaik selama berabad-abad, mendapatkan cinta dari banyak orang dan mengamankan posisinya sebagai barang ekspor nasional yang berharga dan hadiah premium yang mewakili Korea.

 

Hilda Ansariah Sabri

Hilda Ansariah Sabri, Pendiri, Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan pemegang sertifikasi Wartawan Utama Dewan Pers. Saat ini menjabat sebagai Ketua Departemen Pariwisata PWI Pusat ( 2018-2023)