Perkuat Taksi Udara, Whitesky Aviation Beli 30 Helikopter Rp 471 Miliar

0
736

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Taksi Udara di Jakarta sudah menjadi kebutuhan. Apalagi kondisi transportasi darat sudah kian padat, sehingga memperlambat proses bisnis. Karena itu, PT Whitesky Aviation komitmen memperkuat taksi udara untuk memenuhi potensi kebutuhan yang sangat besar.

Demi memenuhi kebutuhan itu, PT Whitesky Aviation secara resmi mengumumkan pembelian 30 unit helikopter Bell 505 Jet Ranger X. Transaksi pembelian 30 unit helikopter ditaksir senilai US$ 38 juta atau setara Rp 471,6 miliar (kurs Rp 13.100).

“Pembelian helikopter Bell 505 ini sesuai rencana kerja perusahaan untuk lima tahun ke depan. Serta dipilih karena dinilai mampu memberikan layanan terbang yang aman, nyaman, serta handal dengan biaya yang sangat kompetitif,” papar Denon Prawiraatmadja, CEO Whitesky Aviation saat temu media di The Plaza, Jakarta, Senin (4/4/2016) malam usai penandatanganan Letter of Intent (LoI) yang dilakukan Scott C. Donelly sebagai CEO Textron Inc. dan Denon B. Prawiraatmadja selaku CEO PT Whitesky Aviation.

Whitesky Aviation sebagai perusahaan aviasi nasional yang fokus pada lini bisnis pesawat carter, saat ini telah mengoperasikan sedikitnya enam armada helikopter yang terdiri dari tiga unit helikopter Bell 429 dan tiga unit helikopter Bell 407, yang akan digunakan untuk layanan air taxi dan air ambulance di seluruh Indonesia.

Perusahaan nasional ini berupaya memperluas jangkauan layanannya di Indonesia, dengan basis operasi Jakarta dan sekitarnya, Bandung, Kalimantan, Sulawesi, Bali, serta Papua. Dan rencana pembelian pesawat Bell 505 ini sesuai rencana kerja perusahaan untuk lima tahun ke depan. Pesawat itu dipilih karena dinilai mampu memberikan layanan terbang yang aman, nyaman, serta handal dengan biaya yang sangat kompetitif.

“Visi kami ingin menjadi penyedia jasa transportasi terbaik yang menawarkan fleksibilitas kepada para pelanggan kami tanpa mengurangi sedikit pun standar pelayanan dan keamanan yang ada,” sambung Denon.

Ditanya sewa heli dianggap terlalu mahal? “Begini, sebagai ilustrasi, layanan taksi udara Jakarta-Bandung dengan menggunakan helikopter menempuh waktu 40 menit dengan biaya Rp 10 juta per trip untuk tiga penumpang yang masing-masing membayar Rp 3,5 juta,” jawabnya.

EVP Commercial Business Textron Inc. Matt Hasik‎ mengapresiasi pesanan dari White Sky Aviation. Mengingat, dengan pertumbuhan industri penerbangan Indonesia yang cukup menjanjikan, menjadikan potensi penerbangan charter ini juga menarik. “Kami sangat senang Whitesky Aviation telah memilih Bell 505 sebagai armada tambahan mereka untuk melayani air taxi‎. Bell 505 ini memang di desain dengan teknologi keamanan dan efisiensi terbaik. Pilihan yang sesuai untuk negara seperti Indonesia ini,” papar dia.

Matt menambahkan, ‎setiap helikopter Bell yang diproduksi didukung dengan jaringan fasilitas layanan terbaik di bidangnya. Hal itu didukung ratusan layanan servis resmi di seluruh dunia sehingga mendapatkan peringkat satu dalam hal kepuasan layanan selama 22 tahun menurut survei yang dilakukan oleh the Helicopter Product Support Survey.

Disebutkan, helikopter ini mampu terbang dengan kecepatan 125 knots setara 232 km/jam, jarak jangkau 667 km, serta daya angkut hingga 608 kg. Sehingga biaya operasionalnya sangat efisien. “Perlengkapan navigasinya dilengkapi Garmin G1000H Integrated Avionics Suite yang membantu pilot memberikan panduan secara maksimal ketika penerbangan dan juga di saat-saat penting. Juga ditambah dengan performa mesin Turbomeca Arrius 2R dengan sistem Full Authority Digital Engine Control (FADEC),” jelas Matt.

Dikatakan, sambutan pasar sangat bagus dengan hadirnya Bell 505 ini, khususnya untuk layanan korporat atau VIP. Saat ini ada lebih dari 380 letters of intent (LOI) diseluruh dunia, dan lebih dari 130 Bell 505 LOI di Asia Pasifik ini. Setiap helikopter Bell didukung dengan jaringan fasilitas layanan terbaik dibidangnya, dengan ratusan layanan servis resmi diseluruh dunia. Sehingga mendapatkan peringkat satu dalam hal kepuasan layanan selama 22 tahun menurut survei yang dilakukan oleh the Helicopter Product Support Survey. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.