Pergub Proteksi Kuliner Bali tengah Dirancang

0
673
Kuliner khas Bali

DENPASAR, test.test.bisniswisata.co.id: Gubernur Bali mendesak segera dirancang Peraturan Gubernur (Pergub) Kuliner di Bali, terutama selama digelarnya Pesta Kesenian Bali (PKB). Keberadaan Pergub Kuliner tradisional Pulau Bali ini untuk memproteksi kuliner lokal Bali.

“Selama ini memang sudah berjalan. Dimana yang boleh jual di arena PKB hanya kuliner lokal. Tidak ada sama sekali kuliner luar daerah atau malah kuliner asing yang dijual di PKB,” ujar Gubernur Bali Made Mangku Pastika saat bertemu di arena PKB di Art Center Denpasar, Selasa (14/6).

Menurut Pastika, Pergub Kuliner Bali akan mempermudah pengawasan dari petugas terkait kepada seluruh penjual kuliner. “Petugas kita akan bertindak kalau sudah memiliki payung hukum yang jelas. Kalau tidak memiliki payung hukum maka petugas akan kesulitan bertindak bila terjadi penyimpangan-penyimpangan di PKB.”

Pemerintah dan stakeholder terkait lainnya perlu tetap memproteksi kuliner lokal Bali agar tetap eksis. “Intinya setiap hari harus ada kuliner Bali (di PKB). Namun, segala sesuatu memang harus ada peraturannya,” ujarnya.

Untuk sementara ini, kuliner yang ada di PKB sudah sangat memuaskan. Menunya enak, penyajiannya bersih, tidak semrawut. Petugasnya juga berpakaian bersih dan rapih, dan menarik. Pemerintah menginginkan agar kuliner Bali tetap eksis di Bali dan sekaligus bisa eksis di dunia. Untuk itu harus diatur secara internal terlebih dahulu, diperkuat ke dalamnya, kemudian baru dipromosikan keluar Bali. (*/MIO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here