Penyanyi Ed Sheeran Digugat Hak Cipta

0
636
Ed Sheeran

INGGRIS, test.test.bisniswisata.co.id: Ed Sheeran (25), penyanyi dan penulis lagu asal Inggris menghadapi gugatan hak cipta atas hits-nya Thinking Out Loud.

Pewaris komposer Marvin Gaye untuk Lagu Let’s Get It On menuntutnya pada Selasa (9/8/2016) dan mengklaim lagu Thinking Out Lout meniru elemen-elemen inti dari salah satu lagu penyanyi beraliran soul tersebut yang keluar pada 1973.

Berdasarkan dokumen gugatan di pengadilan Federal di distrik bagian selatan New York, gugatan pelanggaran hak cipta diajukan oleh ahli waris Ed Townsend yang ikut menulis lirik Let’s Get It On pada 1973 dan menciptakan komposisi musikalnya.

Perwakilan Sheeran, Sony/ATV Music Publishing, dan Atlantic Records sejauh ini belum merespon terkait kasus ini. Sementara Edward Christopher Sheeran – nama asli Ed Sheeran hingga kini belum memberikan tanggapan atas lagunya.

Gugatan yang meminta sidang juri untuk menilai kerugian akibat pelanggarsan hak cipta ini menyebutkan bahwa pergerakan chord dalam lagu, melodi, dan elemen ritme dalam lagu Let’s Get It On memiliki struktur yang sama dengan lagu Thinking Out Loud yang dinyanyikan oleh Ed Sheeran

“Pihak tergugat meniru bagian’heart’ di Let’s dan mengulangnya secara terus menerus di bagian’thinking,”seperti dikutip dari Reuters, Rabu (10/8/2016).

Sheeran yang pernah menyabet Grammy Award merupakan salah satu artis asal Inggris dengan penjualan karya tertinggi selama dua tahun terakhir. Dia juga telah menjadi penulis atau menulis bersama untuk lagu-lagu sejumlah artis lain seperti One Direction, Taylor Swift, dan Justin Bieber.

Gugatan tersebut diajukan dua bulan setelah sejumlah musisi asal California menggugat Sheeran sebesar US$20 juta atas lagunya yang berjudul ‘Photograph’.

Keluarga Gaye tahun lalu sukses menggugat atris R&B, Robin Thicke dann Pahrrell Williams atas kasus pelanggaran hak cipta lagu berjudul Blurred Lines dan memenangkan US$7.4 juta.

Sheeran lahir di Halifax, West Yorkshire, dari orang tua Irlandia, sebelum pindah ke Framlingham, Suffolk. Ia belajar bermain gitar sangat awal, dan mulai menulis lagu selama bersekolah di SMA Mills Thomas di Framlingham.

Kenangan masa kanak-kanaknya, seperti yang diungkapkannya dalam sebuah wawancara dengan Zane Lowe, menunjukkan bahwa ia suka mendengarkan Van Morrison dalam perjalanan ke London dengan orang tuanya dan manggung dengan Damien Rice di Irlandia ketika ia berusia 11 tahun.

Sheeran menerobos pasar musik pada Juni 2011, ketika singel debut “The A Team” meraih peringkat nomor 3 di tangga lagu Inggris. (*/NDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here