Penumpang Wings Air Ngaku Bawa Bom

0
866
Wings Air (Foto: kompas.com)

AMBON, test.test.bisniswisata.co.id: Seorang penumpang Wings Air membuat ulah. Lelaki yang tak disebutkan identitas dan alamatnya sempat menggegerkan penerbangan pesawat Wings Air di Bandar Udara Pattimura, Kota Ambon, Maluku. Bahkan aksinya yang konyol itu, membuat panik awak pesawat bahkan pihak keamanan bandara Patimmura karena penumpang itu mengaku membawa bom dalam tas miliknya.

Tim penjinak bom dari kesatuan Gegana Polda Maluku bersama TNI AU langsung dikerahkan ke Bandara Pattimura Ambon untuk melakukan pengamanan. Pasukan Gegana dan TNI AU langsung masuk ke dalam pesawat dan memeriksa semua barang bawaan para penumpang untuk mencari benda yang mencurigakan. Proses pemeriksaan berlangsung selama lebih dari dua jam. Namun, karena tidak menemukan benda mencurigakan, mereka langsung kembali sekitar pukul 16.30 WIT

Komandan Lanud Pattimura Ambon, Kolonel Pnb Ir Bob Henry Panggabean menuturkan, pihaknya saat itu dihubungi petugas menara pengawas yang mendapat laporan dari pilot, bahwa ada penumpang yang membawa bom di dalam pesawat Wings Air tujuan Ambon-Tual. “Dia mengaku kepada pramugari ada bom, pramugari teruskan infonya kepada pilot dan dilanjutkan kepada menara pengawas,” kata Panggabean di Ambon, Rabu, (02/12/2015).

Atas izin penumpang, sambung dia, bersama-sama dengan otoritas bandara lainnya, kami juga sudah memeriksa seluruh barang bawaan penumpang, dan tidak ditemukan ada bom sesuai pengakuan orang itu, pesawat kemudian diizinkan berangkat sesuai jadwal.

Menurut Panggabean, pihaknya tidak bisa menjelaskan identitas penumpang yang mengaku membawa bom. Setelah diinterogasi, pihak TNI AU akan menyerahkan yang bersangkutan ke Polri untuk tindakan hukum selanjutnya. “Kami tidak bisa mengungkap identitasnya (penumpang), nanti ditanyakan kepada polisi saja, setelah ini akan kami serahkan kepada pihak polisi.”

Pjs Kabid Humas Polda Maluku AKBP Sulaiman Waliulu menjelaskan Sterilisasi terhadap pesawat sudah dilakukan tim Gegana Polda Maluku. Pria yang mengeluarkan ancaman diamankan pasukan Gegana bersama barang bukti sebuah tas hitam miliknya di Lanud Pattimura. “Pelaku hingga kini masih menjalani pemeriksaan di Lanud Pattimura,” jelasnya.

Dijelaskan, pria tersebut diamankan bersama tas miliknya oleh petugas AL setelah mengaku kepada seorang pramugari bahwa tas yang dibawanya berisi bom. Mendengar jawaban penumpang itu, pramugari lantas memberitahukan hal itu kepada pilot. Selanjutnya, informasi tersebut disampaikan kepada pihak keamanan bandara. Akibat peristiwa tersebut, semua penumpang dievakuasi dari dalam pesawat. Hingga kini, pesawat tersebut belum juga terbang menuju Langgur, Maluku Tenggara. (*/end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.