Penumpang Angkutan Laut Bali Melonjak

0
617
Penumpang laut di Pelabuhan Benoa Bali (Foto: ayobali.wordpress.com)

DENPASAR, test.test.bisniswisata.co.id: SEBAGAI daerah tujuan wisata mancanegara dan nusantara, akses transportasi ke Bali bukan hanya melalui angkutan udara saja. Ternyata angkutan laut dari Bali ke berbagai daerah tujuan di Indonesia sebanyak 220.863 orang penumpang selama bulan November 2015, meningkat 10,50 persen dibanding bulan sebelumnya (Oktober 2015) yang mencapai 199.877 orang.

“Namun untuk angkutan barang pada kurun waktu yang sama merosot 1,33 persen dari 117.668 ton menjadi hanya 116.105 ton,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, Panusunan Siregar di Denpasar, Selasa (12/1/2016).

Ia mengatakan, meningkatnya jumlah penumpang dipicu oleh bertambahnya penumpang dari Pelabuhan Benoa, Kota Denpasar ke berbagai tujuan sebesar 25,20 persen.

Sedangkan pelabuhan laut di luar Pelabuhan Benoa mengalami kenaikan, namun angkanya hanya 4,07 persen. Sementara untuk angkutan barang secara umum menurun 1,33 persen yakni melalui pelabuhan Benoa 45,70 persen dan di luar Pelabuhan Benoa 0,12 persen.

Bali memiliki lima buah pelabuhan laut yang terdiri atas pelabuhan Gilimanuk (Bali barat) yang menghubungkan dengan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, dan Pelabuhan Padangbai (Bali timur) yang menghubungkan dengan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain itu juga pelabuhan Benoa, Denpasar yang berfungsi untuk pelabuhan penumpang ke berbagai daerah tujuan Indonesia timur, disamping pelabuhan wisata dan pelabuhan perikanan.

Demikian pula Pelabuhan Celukan Bawang di Kabupaten Buleleng, Bali utara yang berfungsi sebagai pelabuhan angkutan barang, disamping Pelabuhan Nusa Penida, yang khusus melayani penyeberangan lokal di Bali, sambungnya seperti diunduh laman Antara

Pelabuhan Benoa, Denpasar juga sebagai pintu masuk wisatawan mancanegara dengan menggunakan kapal pesiar. Wisatawan yang datang melalui pelabuhan laut sebanyak 71.026 orang selama sebelas bulan periode Januari-November 2015.

Jumlah turis yang datang lewat laut itu relatif kecil jika dibandingkan melalui Bandara Ngurah Rai Bali yang mencapai 3,56 juta orang selama periode yang sama. (*/a)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.