Penguins of Madagascar: Petualangan Seru & Lucu Empat Penguin

0
857

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Masih ingat empat Penguin yang selalu bikin rusuh dalam film trilogi animasi Madagascar?. Ya, film solo kelompok Penguin yang dipimpin oleh Skipper, kini muncul prekuel dari film Madagascar. Film Penguins of Madagascar ini menceritakan asal mula bagaimana empat sahabat Penguin bisa bertemu, masuk ke kebun binatang, dan akhirnya berpetualang.

Dikisahkan kala itu di antartika, hidup satu koloni Penguin yang kesehariannya terus menerus sama dari ke hari. Aktivitas kekompakan mereka itulah yang menarik manusia untuk mendokumentasikannya. Namun, ternyata di antara anggota koloni besar itu ada tiga Penguin kecil yang bosan dengan rutinitas yang mereka lakukan. Mereka adalah Skipper (Tom McGrath), Kowalski (Chris Miller), dan Rico (Conrad Vernon).

Ketiga Penguins kecil ini ingin tahu dunia luar dan berpetualang. Mereka pun memutuskan untuk berpisah dari koloninya. Ketika keluar, mereka menemukan sebuah telur Penguin yang belum menetas. Mereka coba menyelamatkan telur itu dari Anjing laut yang ingin memangsa. Ketika berhasil menyelamatkannya, telur itu kemudian menetas dan lahirlah bayi Penguin lucu dan menggemaskan yang beri nama Private (Christopher Knights), anggaota keempat mereka.

Kelucuan mereka inilah yang mengantarkan mereka ke kebun binatang. Mereka berhasil mencuri perhatian para pengunjung kebun binatang di New York. Tak ayal, mereka mendadak menjadi idola, terutama untuk anak keci. Namun, di tengah kesuksesan mereka itu, ada binatang yang iri, yaitu Dave (John Malkovich) seekor gurita. Dave merasa dikucilkan akibat kedatangan Skipper Cs. Ia pun dendam dan ingin membalas perbuatan mereka.

Ternyata Dave tidak main-main. Ia berusaha serius untuk balas dendam dengan meracik ramuan yang bisa membuat Penguin yang lucu menjadi menyeramkan. Ia ingin orang-orang nantinya benci kepada Penguin. Untuk melawan Dave, Skipper dan kawan-kawan dibantu oleh North Wind, kelompok intelijen yang dipimpin oleh serigala bernama Classified (Benedict Cumberbatch).

Itulah beberapa penggalan kisah yang ada dalam film animasi terbaru dari DreamWorks Animation dan 20th Century Fox berjudul Penguins of Madagascar. Film yang disutradarai oleh Eric Darnell dan Simon J. Smith ini terbilang ringan, lucu, dan menggemaskan. Jadi, film ini memang bisa dinikmati siapa saja dari berbagai kalangan umur, terutama anak-anak. Unsur komedinya pun sangat kental sekali dan ada di setiap scene.

Menariknya, meski ringan, namun film ini juga menghadirkan keseruan layaknya film action. Misalnya saja peralatan-peralatan khas ‘spy’ yang canggih banyak muncul di film ini. Lalu ada aksi kejar-kejaran dengan pesawat, tembak menembak, duel, dan sebagainya. Meski begitu, adegan action yang seru dan menegangkan itu bisa di twist sedemikian rupa, sehingga Anda tiba-tiba bisa berubah menjadi tertawa.

Selain itu, ada pula pesan moral yang disampaikan dalam film ini, terutama soal persahabatan. Film ini mengajarkan anak-anak untuk selalu optimis, percaya diri, setia kawan, rela berkorban, dan yang paling menonjol adalah percaya dengan sahabat. Jadi, nuansa yang dihadirkan Penguins of Madagascar memang cukup dinamis, namun tetap komedi yang mendominasi.

Satu hal lagi yang patut disorot adalah tokoh Classified yang diisi suaranya oleh Benedict Cumberbatch. Penampilan aktor Inggris ini patut diapresiasi. Ia berhasil memainkan perannya sebagai serigala sekaligus sebagai spy. Cumberbatch yang terkenal dengan mimik yang serius, bisa membawakan suara Classified dengan lucu dan membuat serigala menjadi tidak menyeramkan. Banyak pula jokes yang ia keluarkan di dalam film dan itu berhasil.

Ada pula tokoh Corporal, seekor beruang kutub yang justru di film ini tidak menyeramkan. Ia justru menjadi karakter yang lucu, karena ia sangat suka sekali dengan Penguin. Bisa dibayangkan bukan bagaimana lucunya ketika Skipper, Kowalski, Rico, dan Private ketika bertemu dengan Corporal serta Classified?. Teriarik? Kini film Penguins of Madagascar hdapat disaksikan di Cinema XXI ****

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.