Penghargaan World Travel Halal Tantangan bagi Pariwisata NTB

0
955

MATARAM, test.test.bisniswisata.co.id: Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), TGH M Zainul Majdi menilai dua penghargaan diperoleh pulau Lombok di ajang World Halal Travel Award 2015 di Abu Dhabi yaitu Best Honeymoon dan Best Halal Destination, merupakan peluang sekaligus tantangan baru bagi pariwisata NTB untuk mengembangkan wisata Muslim yang lebih bagus.

“JUstru tantangan ke depan pariwisata adalah membenahi seluruh aspek wisata di NTB. Sehingga bisa menghadiran rasa nyaman dan aman bagi wisatawan muslim mancanegara maupun nusantara menyusul dua penghargaan yang diterima Lombok di World Halal Travel Award 2015,” papar Gubernur Zainul kepada wartawan di KOta Mataram, Jumat (30/10/2015).

Bagi Lombok sendiri, lanjut dia, tentu bersyukur sekaligus menjadi motivasi dan tantangan untuk membenahi aspek wisata di NTB agar lebih mampu menghadirkan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan muslim baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Ia menuturkan, kemenangan Indonesia dan Lombok dalam ajang tersebut menjadi titik awal bagi wisatawan untuk berkunjung sebagai salah satu tujuan halal food tourism di dunia. Sebab, selama ini pangsa pasar tujuan wisata dari wisatawan Muslim adalah Malaysia dan Thailand yang sangat cepat mengembangkan tema itu.

Menurutnya, Indonesia dengan jumlah muslim mayoritas dan destinasi wisata yang beragam harus bisa mengambil pangsa pasar wisatawan Muslim. “Indonesia harus mulai sungguh-sungguh untuk mengambil pangsa pasar itu,” ungkapnya.

Ia pun mengapresiasi kementerian pariwisata yang memberikan perhatian khusus dalam mengembangan wisata halal. Salah satu provinsi yang menjadi lokasi wisata halal adalah NTB. “Ini satu keberhasilan sekaligus tantangan bagaimana Indonesia mampu menempatkan dirinya di dalam halal food tourism secara internasional,” katanya. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.