Pengelola hotel di Arab antusias ikuti Mandiri Islamic International Expo 2014

0
1468
Pengunjung Mandiri Islamic International Expo 2014 berkunjung ke booth Alia Travel untuk mengetahui paket Umroh dan Haji yang tengah berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta 21-23 November 2014

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Minat pengelola hotel di Arab untuk mengikuti Mandiri Islamic International Expo 2014 bersamaan dengan Abacus Travel Fair 2014 di Jakarta Convention Center ( JCC) tinggi. Selain Indonesia menjadi salah satu pasar yang kuat di Asia, upaya mencari mitra-mitra baru paling efektif dilakukan dalam satu atap.

“Indonesia salah satu pasar utama untuk hotel kami Al Safwah Royale Orchid, Makkah. Oleh karena itu di arena pameran ini kami bisa melayani langsung konsumen dan juga mendapat mitra-mitra baru karena banyak penyelenggara Umroh dan Haji yang ikut sebagai peserta dan bisa menjadi buyer bagi produk kami,” kata Indra Geraldy, Sales Coordinator itu didampingi Abdullah Al-Sayed, Assistant Sales Manager.

Sepanjang hari pertama, ujarnya, pengunjung yang terdiri dari kalangan masyarakat maupun para penyelenggara Umroh dan Haji terus berdatangan mengunjungi booth Al Safwah dengan ekspektasi sangat tinggi untuk mendapatkan akomodasi yang nyaman dan masih di area Masjidil Haram.

“Kami berpartisipasi karena ingin mendapatkan masukan langsung dari masyarakat yang menjadi konsumen langsung maupun travel biro yang menjadi penyelenggara Umroh dan Haji di Indonesia sebagai mitra kami selama ini. Selain juga mencari mitra-mitra baru karena jumlah travel biro penyelenggara Umroh dan Haji setiap tahun jumlahnya juga berkembang,” tambahnya.

 

Indra Geraldy (kanan) , Sales Coordinator bersama Abdullah Al Sayed, Asst Sales Manager Hotel Al Safwah Royale Orchid, Makkah melayani tamu-tamu di booth
Indra Geraldy (kanan) , Sales Coordinator bersama Abdullah Al Sayed, Asst Sales Manager Hotel Al Safwah Royale Orchid, Makkah melayani tamu-tamu di booth

Abdullah Al Sayed bahkan banyak menyediakan waktunya di booth untuk bersilaturahmi dan berbagi cerita lucu dengan mitra-mitra kerjanya di Indonesia yang selama ini telah menjalin hubungan baik. Al Safwah Royale Orchid Hotel sejak tujuh tahun lalu sudah menggarap pasar Umroh dan Haji Indonesia.

“Saya sendiri baru bergabung selama 1,5 tahun di hotel ini. Karena pasar Asia menjadi target pasar utama kami maka negara-negara serumpun seperti Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand, Pilipina serta China juga menjadi andalan kami. Di hotel banyak staf dari Indonesia dan kuliner juga kami sesuaikan,” kata Indra yang menjadi salah satu eksekutif asal Indonesia di hotel itu.

Setiap musim Umroh dan Haji pihaknya juga mendapatkan tamu-tamu dari kawasan Afrika seperti Maroko, Tunisia, Mesir juga dari kawasan Timur Tengah seperti Bahrain, Emirate bahkan Amerika Serikat. Salah satu keunggulan pasar Indonesia adalah menjadikan Umroh dan Haji suatu kewajiban sehingga menjadi prioritas utama setiap tahun.

Islam Mahmoud El Badawy, Area Director of Sales & Marketing Al_Azhar Hotels Group, peserta lainnya dari Arab Saudi mengatakan pihaknya mentargetkan bisa bertemu dengan sedikitnya 300 travel biro penyelenggara Umroh dan Haji di Indonesia untuk memperkenalkan enam jaringan hotelnya di Jeddah dan Makkah.

“Sudah pasti kami ingin silaturahmi dengan mitra-mitra kami di sini tetapi juga mencari mitra baru sehingga seharian kami sibuk menerima tamu sementara bagian marketing yang menjadi front-liner melayani pengunjung Islamic International Expo ini,” ujarnya.

Selan hotel Al-Azhar, Jeddah, jaringan hotel lainnya adalah Roshan Al-Azhar, Al-Azhar Al Nosha  1 dan 2  di Makkah, Loaloat Al_azhar serta Dar Al Azhar. Dia merasa beruntung masyarakat Indonesia sudah familiar dengan nama Al-Azhar karena merupakan nama Universitas terkemuka dimana banyak pemuda Indonesia lulusan dari sekolah tinggi itu serta nama Masjid Al-Azhar, mesjid besar di Jakarta.

“Jadi Al-Azhar punya nama yang bagus di mata masyarakat Indonesia dan kami juga punya pelayanan serta akomodasi yang bagus untuk melayani jemaah Indonesia,”tutur Islam.

Tim Smailing Tour berpose usai melayani pengunjung
Tim Smailing Tour berpose usai melayani pengunjung

Alia Convex yang di dukung Alia Travel sebagai penyelenggara Mandiri Islamic International Expo dan Abacus Travel Fair 2014 ini sengaja integrasikan dua pameran wisata ini sehingga bisa memberikan keuntungan ganda bagi pengunjung maupun peserta. Kegiatan yang berlangsung sejak kemarin 21 November hingga 23 November 2014 ini diikuti 48 perusahaan.

“Pengunjung bisa melihat dan membandingkan paket wisata religi karena Islamic International Expo menawarkan paket wisata Umroh dan Haji sementara Abacus Travel Fair menawarkan beragam destinasi wisata untuk menyambut liburan akhir tahun,” kata GM Alia Convex, Rudianto Prasetiadi.

Pihak Alia Wisata Travel yang sebelumnya menyelenggarakan pameran wisata bertema muslim kini menggandeng Bank Mandiri untuk kegiatan Islamic International Expo ke-10 dan ada sejumlah kemudahan yang didapat pemilik kartu Mandiri mulai dari bebas tiket masuk, sampai cicilan pembayaran yang meringankan. “Pemegang kartu kredit mandiri dapat cicilan 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan dengan 0% cicilan,” ujar Rudianto.

Iswandi Said, Managing Director PT Abacus Distribution System mengatakan dengan pengalaman lebih dari satu dekade menjadi tulang punggung industri travel agent di wilayah Asia Pasifik, kini Abacus melangkah lebih dekat dengan kalangan yang lebih luas untuk menghadirkan pelayanan terbaik mendukung kegiatan perjalanan mereka.

Melalui Abacus Indonesia Travel Fair 2014 yang penyelenggaraannya bersamaan dengan Islamic International Expo pihaknya didukung lebih dari 20 travel agent terbaik di Indonesia dan 12 airlines terkemuka sehingga pengunjung akan memperoleh beragam paket menarik dengan harga yang kompetitif untuk perjalanan yang akan dilakukan pada sisa tahun 2014 hingga sepanjang tahun 2015.

Abacus Indonesia Travel Fair 2014 yang diadakan di Jakarta Convention Centre, Senayan Jakarta pada 21 – 23 November 2014 ini ditargetkan akan menyerap lebih dari 90,000 pengunjung dan menjadikan event ini sebagai event travel terbesar terakhir di tahun 2014. (hildasabri@yahoo.com)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.