Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2015 “Figure Trendmakers”

0
2177
38 Finalis dari 34 provinsi pada acara welcome dinner bersama Menteri Pariwisata RI di Jakarta, Senin malam (16/11/15). Foto. evi

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Dalam rangka mendukung program pemerintah bidang kepariwisataan di tanah air, khususnya wisata bahari, El John Pageants kembali menyelenggarakan Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia (PPI) 2015.

“Para finalis PPI menjadi juru bicara (spoke person) yang dapat menyampaikan perkembangan kepariwisataan nasional dengan baik kepada semua calon wisatawan,” ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya dalam sambutannya pada acara welcome dinner bersama para finalis Putri Pariwisata Indonesia di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Senin malam (16/11).

Para putri pariwisata Indonesia ini diharapkan bisa menjadi figur trendmakers terkemuka yang dapat mengajak wisatawan muda untuk berwisata dan mengeksplor daya tarik wisata di Indonesia yang tidak akan ada habisnya.

Arief Yahya mengatakan, strategi promosi pariwisata yang diimplementasikan dengan pendekatan POS (Paid Media, Owned Media, dan Social Media) sangat efektif dalam mempromosikan branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia ke mancanegara.

“Pendekatan social media dengan menggunakan figur trendmakers terkemuka menjadi cara
yang efektif dalam mengajak anak muda berwisata dan mengeksplor daya tarik wisata yang ada nusantara ini yang memiliki corak alam (nature), budaya (culture) dan daya tarik buatan manusia (manmade) yang beraneka ragam dan tak ada duanya di dunia ini,” kata Arief Yahya.

ppi2Lebih lanjut Arief mengatakan, “Dalam melakukan promosi pariwisata menggunakan BAS (Branding, Advertising, Selling) dengan menggunakan porsi anggaran masing-masing sebesar 50%, 30% dan 20%. Dalam mem-branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah, sedangkan advertising menurutnya ditanggung pemerintah dan industri pariwisata, dan melakukan selling senuhnya (biaya) dilakukan oleh industri pariwisata”.

Menpar berharap para Putri Pariwisata Indonesia bisa menjadi figur trandmakers yang terkemuka sehingga dapat mendorong meningkatnya wisatawan nusantara (wisnus) melakukan perjalanan wisata ke seluruh Nusantara yang tahun ini ditargetkan sebanyak 255 juta wisnus serta meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang akhir tahun ini diperkirakan akan melampaui target 10 juta wisman.

Pada kesempatan yang sama Founder & Chairman El John Pageants, Johnnie Sugiarto, mengatakan, “Kami berharap penyelenggaraan PPI 2015 yang mengusung tema Enjoy Indonesia Wonderful Underwater ini dapat menginformasikan dan membekali generasi muda melalui para peserta pemilihan dengan berbagai pengetahuan pariwisata”.

“Tak hanya itu penyelenggaraan PPI dapat mengajak lebih banyak putri serta masyarakat luas di Nusantara untuk aktif mempromosikan dan terlibat dalam pengembangan pariwisata dengan memegang motto Smart, Charming & Hospitable. Melalui peranan Putri Pariwisata Indonesia sebagai icon atau spoke person pariwisata, yang bersinergi dengan Kemenpar serta pihak-pihak terkait tentu Putri Pariwisata Indonesia bisa menjadi garda terdepan untuk menimbulkan kecintaan dan kepedulian akan tanah air,” kata Johnie Sugiarto.

Kegiatan pemilihan PPI 2015 dimulai dari tahap audisi (Februari-Oktober), tahap pengumuman peserta lolos audisi, dilanjutkan masa karantina (15-28 November). Sebanyak 38 finalis dari 34 provinsi masuk dalam masa karantina tersebut.

“Mereka akan mendapatkan pembekalan dari para pakar pariwisata, kelautan, budaya, pelatihan public speaking, marketing dan kegiatan lain yang berguna bagi para finalis. Tahap akhir adalah Malam Penobatan PPI yang akan berlangsung di Rajawali Televisi pada hari Jum’at , 27 November 2015, pukul 20.00 WIB,” jelasnya.

Pemilihan PPI 2015 yang telah berlangsung untuk kedelapan kalinya ini memperebutkan gelar 5 Penghargaan Utama, yaitu Putri Pariwisata Indonesia 2015, Putri Pariwisata Indonesia 2015 – 1st Runner Up, Putri Pariwisata Indonesia 2015 – 2nd Runner Up, Putri Pariwisata Indonesia 2015 – 3rd Runner Up, dan Putri Pariwisata Indonesia 2015 – 4th Runner Up.

Selain itu 15 memperebutkan penghargaan khusus yaitu; Putri Pariwisata Indonesia Traditional Modification Costume 2015, Putri Pariwisata Indonesia Evening Gown 2015, Putri Pariwisata Indonesia Social Media Darling 2015, Putri Pariwisata Indonesia Favorite 2015, Putri Pariwisata Indonesia Charming 2015, Putri Pariwisata Indonesia Hospitality 2015, Putri Pariwisata Indonesia Culture 2015, Putri Pariwisata Indonesia Presentation 2015, Putri Pariwisata Indonesia Intelligencia 2015, Putri Pariwisata Indonesia Talent 2015, Putri Pariwisata Indonesia Photogenic 2015, Putri Pariwisata Indonesia Friendship 2015, Putri Pariwisata Indonesia Personality 2015, Putri Pariwisata Indonesia Best Catwalk 2015, Putri Pariwisata Indonesia Sporty 2015. (evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.