Pembangunan Bandara Kertajati Optimis Selesai Dua Tahun

0
895
Lanskap bandara Kertajati Majalengka Jawa Barat

BANDUNG, test.test.bisniswisata.co.id: PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) optimistis pembangunan Bandara Kertajati, Majalengka, bisa selesai dalam jangka waktu dua tahun sesuai harapan Presiden RI Joko Widodo. Jika target tercapai, Bandara Kertajati menjadi bandara pertama di Indonesia yang dibangun dalam waktu sangat cepat hanya: dua tahun.

“Mudah-mudahan ini jadi bandara pertama di Indonesia dibangun dalam waktu dua tahun. Karena, bandara besar seperti Kualanamu saja butuh waktu enam tahun untuk membangunnya,” ujar Direktur Teknik dan Pengembangan PT BIJBYon Sugiono Kahfi ketika ditemui seusai penandatangan MoU dengan PDAM Kabupaten Majalengka, di Bandung, Selasa (21/6/2016).

Tahun pertama pengoperasiannya, November 2017, BIJB menargetkan bisa menampung 2,7 juta penumpang. Dengan masuknya Citylink, target tersebut akan tercapai. Sebab, jumlah penumpang 1 juta per tahun sudah bisa dipegang. “Insya Allah kami optimistis target 2,7 juta penumpang di tahun pertama pengoperasian Bandara Kertajati bisa tercapai,” katanya.

Saat ini anak usaha maskapai Garuda, yakni PT Citylink Indonesia tersebut menjadi maskapai pertama yang akan terbang dari Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka. Sehingga, dengan kerja sama ini akan ikut mendorong percepatan pembangunan.

Dikatakan, kapasitas bandara yang akan memiliki tiga landasan ini bisa mencapai 5 juta penumpang. Namun, pada tahun 2019 nanti seiring dengan pengembangan kawasan aero city-nya maka ditargetkan mampu menampung hingga 10 juta penumpang. “Jadi BIJB ini akan menjadi bandara sekelas Bandara Internasional Kualanamu di Sumatra Utara,” katanya.

Saat ini, kata dia, perkembangan pembangunan Bandara Internasional Kertajati untuk paket satu aksesibilitas ke bandara yang dibangun PT Adhi Karya sudah mencapai 25 persen dan diperkirakan tuntas lebih cepat dibanding paket dua terminal utama yang baru mencapai 5,7 persen. Paket tiga bangunan penunjang selesai tiga persen. “Dari perkembangan di lapangan per 22 Mei, kami optimistis pembangunan sesuai target,” sambungnya. (*/REP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.