Pelancong Malaysia Dominasi Kunjungan Melancong ke Sumbar

0
430
Kelok 9, daya tarik wisata Sumbar

PADANG, Bisniswisata.co.id: Pelancong asal Malaysia masih mendominasi kunjungan turis mancanegara ke Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar mencatat selama 5 tahun terakhir sejak 2012-2016, wisatawan berkunjung Ke Sumbar didominasi Malaysia (78,5%) atau sejumlah 185,161 orang, posisi kedua diraih Australia (4,4%) sejumlah 10,458 orang.

“Tercatat pada Maret 2017 mencapai 4.141 orang dari total 4.989 wisatawan asing datang ke Sumbar. Jumlah ini melonjak dibandingkan bulan sebelumnya,” papar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar Sukardi, di Padang, Kamis (19/10/2017)

Selain Malaysia, kunjungan wisatawan juga dari Australia, Thailand, Prancis, Inggris, Jerman, Singapura, Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang 8 orang, dan dari negara lainnya. “Jumlah wisatawan yang terdata tersebut adalah mereka yang masuk melalui imigrasi di Bandara Internasional Minangkabau, dan jika sebelumnya dari Jakarta atau Medan akan didata di bandara kedatangan,” ucapnya.

Menurut dia, tinggi jumlah kunjungan wisatawan asal Malaysia ke Sumbar karena ada kesamaan budaya. Disarankan Sumbar agar menggaet
turis asal Timur Tengah yang sangat potensial. Namun, dengan syarat pemangku kepentingan yang berwenang harus intensif melakukan promosi objek wisata yang ada. “Selama ini turis asal Timur Tengah lebih banyak ke Puncak, Jawa Barat, padahal keindahaan alam Sumbar tidak kalah,” komentarnya.

Sumentara, jumlah hotel di Sumbar sebanyak 374 hotel, tingkat hunian kamar hotel berbintang yakni 53,27%. Dan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) kontribusi sektor pariwisata terus menunjukkan tren kenaikan yang positif, periode tahun 2013 tercatat mencapai US$602 juta atau berkontribusi sebesar 1,45% dari total investasi nasional, pada semester I 2017 mencapai US$929 juta atau 3,67% dari total investasi nasional. Artinya angka kontribusi yang dicapai bila dibandingkan dengan total investasi nasional kenaikannya mencapai 1,5 kali lipat.

Sumbar merupakan salah satu daerah yang diincar untuk dimasuki investor di bidang pariwisata. Wilayah ini memiliki obyek wisata pantai yag sangat panjang dengan pesisir barat Sumatera bagian tengah dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.297,30 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Terdapat 29 gunung yang tersebar di 7 kabupaten dan kota di Sumatera Barat, selain gunung, Sumatera Barat juga memiliki banyak danau. Danau terluas adalah Singkarak di kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar, disusul Maninjau di kabupaten Agam.Dengan luas mencapai 130,1 km², Singkarak juga menjadi danau terluas kedua di Sumatera dan kesebelas di Indonesia.

Danau lainnya terdapat di kabupaten Solok yaitu Danau Talang dan Danau Kembar (Danau Di atas dan Danau Dibawah). Sumbar uga kaya akan keanekaragaman hayati, Sebagian besar wilayahnya masih merupakan hutan tropis alami dan dilindungi. Terdapat juga dua Taman Nasional di Provinsi ini dan terdapat beberapa cagar alam lainnya sehingga berpotensi tinggi pada Pariwisata. (*/NDIK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.