Pegiat Seni Hongaria Gelar Pameran Budaya Indonesia

0
525
Perajin batik (FOTO ANTARA/Saiful Bahri)

BUDAPEST, bisniswisata.co.id: Yvette Bardos, Ur Eleonora, dan Laszlo Balogh, tiga pegiat seni asal Hongaria sangat tertarik dengan budaya dan pariwisata Indonesia. Saking tertariknya, mereka menggelar pameran mengenai Indonesia. Pameran yang diselenggarakan di Budapest Hongaria bertajuk ‘Art Kalamakara’ memamerkan foto, lukisan, dan lukisan batik dari tiga artis asal Hongaria yang pernah tinggal di Indonesia.

Semasa tinggal di Indonesia, mereka mengaku kian mencintai budaya Indonesia. seluruh karya seni tersebut dipamerkan di Ifjusagi Haz di kota Debrecen, akhir pekan lalu. Tujuan pameran ini agar budaya dan pariwisata Indonesia dapat dikenal di Hongaria, Eropa bahkan dunia.

Duta Besar RI untuk Hongaria, YM Wening Esthyprobo yang membuka pameran tersebut menyampaikan tidak sedikit warga Hongaria yang pergi dan menetap sementara di Indonesia lalu mengagumi budaya dan kreativitas bangsa.

“Ini merupakan pameran ke-5 yang saya buka di Hongaria merupakan bukti nyata bahwa Indonesia mempunyai tempat di hati masyarakat Hongaria dan potensi ini harus kita manfaatkan untuk menarik minat masyarakat umum di Hongaria pada Indonesia,” sebut Wening dalam keterangan tertulis yang dipublikasikan Kedubes RI di Hongaria, Senin (05/12/2016).

Pameran “Art Kalamakara” kali ini banyak menceritakan mengenai kehidupan masyarakat Jawa Tengah (Yogyakarta) yang dipamerkan melalui lukisan dan lukisan batik. “Art Kalamakara” sendiri akan dipamerkan di Youth Center Ifjúsági Ház, hingga 31 Desember 2016.

Khusus mengenai artis Ur Eleonóra yang memamerkan lukisan batiknya, wanita ini memiliki Gallery Batik eksklusif di kota Szentendre (sekitar 22 km dari Budapest). Szentendre merupakan sebuah kota seni yang mungil dan menjadi salah satu ikon pariwisata di Hongaria. Dengan adanya galeri tersebut, secara tidak langsung mendukung promosi Indonesia tidak hanya bagi warga Hongaria, namun juga bagi wisatawan manca negara. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.