Pasar Kliwon Kudus Dibenahi Jadi Wisata Belanja

0
1389
Atraksi Barongsai di Pasar Kliwon Kudus (Foto: Tribun Jateng)

KUDUS, Bisniswisata.co.id: Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memproyeksikan Pasar Kliwon di Jalan Jenderal Sudirman Kudus menjadi daerah tujuan wisata belanja. Mengingat potensinya sangat bagus, apalagi menjelang Hari Raya Lebaran banyak wisatawan dari wilayah Ibukota melintas di Kudus butuh oleh-oleh kuliner maupun souvenir.

“Kami sudah mengunjungi Pasar Kliwon Kudus bersama Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti untuk mengetahui kesiapan pasar tersebut menerima kunjungan wisatawan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Yuli Kasiyanto di Kudus, Senin.

Yuli melanjutkan ada beberapa hal yang perlu dibenahi. Seperti eskalator harus bisa digunakan, pintu masuk bahkan di dalam pasar harus bersih dan bebas dari pedagang kaki lima (PKL). Juga yang paling, toilet pasar harus lebih bersih dan rapi, juga kenyamanan parkir agar pengunjung merasa nyaman di tempat wisata belanja.

“Jangan sampai baru mau masuk ke lokasi wisata belanja sudah disambut pemandangan PKL yang kurang nyaman, toilet yang kotor, kondisi pasar kumuh. Jika kondisinya seperti itu, jangan harap wisata belanja di Pasar Kliwon bisa terwujud,” ungkapnya serius.

Memang, sambung dia, tingkat kebersihan lingkungan pasar harus tetap dijaga karena hal itu menjadi salah satu kunci ketertarikan wisatawan berkunjung. “Para pedagang juga harus membiasakan diri menerapkan prinsip ‘3S’, di antaranya Senyum, Salam dan Sapa terhadap setiap pengunjung,” ujarnya.

Masukan lainnya, yakni soal peta pasar atau penunjuk jalan masuk dan keluar pasar agar tidak membingungkan pengunjung karena lokasinya yang cukup luas. “Jika semua dibenahi, saya optimistis Pasar Kliwon bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berbelanja karena sarana dan prasarananya juga lengkap serta selama ini dikenal sebagai pasar terbesar di wilayah Pantura,” tambahnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti menambahkan sarana dan prasarana yang ada di Pasar Kliwon saat ini cukup lengkap, termasuk tersedia eskalator di pintu masuk pasar. “Fasilitas yang perlu ditambah untuk menyambut wisatawan, yakni ketersediaan tempat parkir yang luas dan mampu menampung bus wisatawan yang berukuran besar,” tambahnya.

Jumlah pedagang yang ada di Pasar Kliwon yang menempati lahan seluas 13.300 meter persegi itu, baik di lantai I dan II mencapai 2.847 orang. Umumnya pedagang menjual batik, kuliner, oleh-oleh khas kota kudus juga souvenir. (*/ano)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.