Pasar Ikan Panjaringan Jadi Kawasan Wisata Bahari

0
450

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menjadikan kawasan Pasar Ikan di Penjaringan, Jakarta Utara menjadi kawasan wisata bahari. Untuk menunjang itu dilengkapi Plaza, taman bahkan kawasan ini saling terhubung dengan beberapa kawasan lainnya, seperti Luar Batang.

“Jadi nanti dibuat wisata bahari bagi kota Jakarta. Itu kan tempat wisata yang bagus. Harapannya ada plaza yang lebar. Dari arah Teluk Sunda Kelapa mengarah ke Masjid Luar Batang tuh sejarah Jakarta,” kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (31/3).

Dilanjutkan untuk mengubah kawasan tersebut menjadi tempat wisata, tidak diperlukan cetak biru, yang penting langsung ditertibkan dan ditata rapi saja. “Menurut saya, tidak usah pakai cetak biru segala. Saya tak ingin diselesaikan terlalu rumit Kan hanya tinggal membangun plaza saja. Kemudian, dipasang sheet pile atau dinding turap, diratakan lalu penuhi dengan tanaman hijau,” tutur Basuki.

Basuki juga tidak ambil pusing lantaran penataan kawasan wisata bahari tidak ada dalam APBD DKI. Dirinya akan meminta kewajiban pengembang untuk menatanya. “Kalau dulu kan bilangnya duitnya darimana? APBD enggak ada, enggak usah pakai APBD, panggil saja kewajiban pengembang, CSR,” katanya.

Hal tersebut juga dilakukan untuk melakukan penataan di kawasan Kalijodo yang ditertibkan beberapa waktu lalu. Sehingga tidak perlu menunggu dalam APBD perubahan. “Pokoknya bikin plaza seluas-luasnya karena juga mau nampung PKL,” tandasnya.

Dikatakan, untuk pembiayaannya, pihaknya akan meminta dari kewajiban sosial perusahaan swasta atau Corporate Social Responsibility (CSR). “Jadi, kami tidak pakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Tapi, kami akan manfaatkan kewajiban pengembang saja, dari program CSR,” ungkap Basuki. (ENDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.