Pariwisata Gunungkidul Dikembangkan, Ribuan Lapangan Kerja bakal Tercipta

0
804
Pantai di Gunungkidul (Foto: http://beritajogja.id)

GUNUNGKIDUL, bisniswisata.co.id: Pengembangan kawasan pariwisata di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), akan menciptakan ribuan lapangan kerja, baik secara langsung maupun tidak langsung yang berdampak signifikan pada perekonomian daerah tersebut.

“Dengan pengembangan kawasan pariwisata di Gunungkidul, maka secara signifikan akan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat,” ujar Kepala Bidang Pemerintahan, Sosial dan Budaya Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Gunungkidul Prianta Madya.

Ia menyebutkan, pengembangan kawasan wisata di Gunungkidul itu nantinya akan mengangkat konsep pembangunan kawasan terintegrasi. Sehingga seluruh sektor pembangunan, kata dia, akan saling terkait dan memberikan manfaat serta keuntungan bagi setiap wisatawan yang hadir.

Menurut dia, saat ini terdapat titik-titik pariwisata yang sangat menarik dan memiliki keunggulan dari masing-masing lokasi. Misalnya, ada titik yang akan difokuskan dalam pengembangan kesenian, ada juga yang akan fokus dalam pengembangan kebudayaan, serta juga ada titik yang akan fokus dalam pengembangan pendidikan, katanya.

“Seluruh titik yang ada akan dikembangkan secara terintegrasi. Beberapa kawasan diantaranya adalah Langgran, kawasan Ngelanggran, kawasan Megalitik, dan kawasan Gunung Gambar. Sehingga tidak terjadi pembangunan yang tumpang tindih dan tidak memberikan dampak positif bagi masyarakat dan Gunungkidul secara khusus,” papar Prianta.

Ia menambahkan, bahwa dengan dibangunnya kawasan pariwisata tersebut, maka pemerintah Kabupaten Gunungkidul dapat mengidentifikasi potensi dari setiap titik yang bisa ditonjolkan dalam upaya menarik minat wisatawan datang, ungkapnya seperti diunduh laman Antara, Senin (21/11/2016)

“Potensi yang kami temukan, akan dikembangkan secara professional. Sehingga harapannya, potensi pariwisata Gunungkidul dapat berkontribusi signifikan bagi ekonomi masyarakat,” tambah dia lagi. (*/ANO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.