Setrojenar Kebumen, Keunikan Kolam Buatan di Bibir Pantai

0
2455
Kolam renang buatan yang bisa dibongkar pasang tepi pantai Setrojenar, Kebumen. Larangan berenang di pantai berombak tinggi membuat usaha kolam buatan menjamur. (foto: Hilda Sabri Sulistyo).

KEBUMEN, test.test.bisniswisata.co.id; Mau melihat jejeran kolam renang di pinggir pantai saat liburan akhir tahun 2015 ini ? arahkan saja kendaraan roda dua atau roda empat ke Pantai Setrojenar di di Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Dari pusat kota Kebumen hanya sekitar 12 km saja dan begitu tiba di tempat parkir, mata langsung terhalang oleh puluhan warung-warung makan yang berjejer menutupi keindahan tepi pantai dengan tinggi ombak yang menggulung-gulung. Pantai ini memiliki ombak yang besar dengan pemandangan lumayan indah dan di tepi pantai banyak terdapat pohon nyamplung atau Calophyllum inophyllum yang kandungan minyak di bijinya bisa menjadi pengganti BBM.

Suara celoteh anak-anak berenang sambil berjoged-joged di dalam air dengan aneka ban bekas dan ban berbentuk bebek terdengar begitu melewati lahan parkir menuju pantai. Rupanya gulungan ombak yang tinggi dan larangan mandi di pantai berpasir hitam mengandung besi disiasati warga setempat dengan membuat kolam renang buatan.

Kreativitasnya patut diacungi jempol karena seperti anak-anak yang kerap bermain pasir dan membuat aneka benteng dan bentuk lainnya, warga yang menjadi pengusaha lokal menggali pasir pantai berbentuk segi empat dengan kedalaman tertentu dan menutupinya dengan terpal biru lalu diisi air tawar sehingga anak-anak dan orang dewasa bisa berenang layaknya seperti di kolam renang di bawah tenda .

Di tepi kolam buatan itu di susun karung-karung putih berisi pasir untuk menahan air di dalam kolam buatan. Anak-anak maupun orangtua yang mendampingi asyik bermain air di tengah kebisingan loudspeaker melantunkan musik dangdut.

Jumlah kolam buatan ini ternyata banyak dan berjejer di pantai mencapai 21 kolam yang bisa di bongkar-pasang ini membuat pengunjung memiliki banyak pilihan untuk bermain di kolam buatan yang dikehendaki. Aroma persaingan yang ketat jelas terasa dalam menjaring pengunjung untuk berenang dengan tarif yang terjangkau.

Saat tiba di Pantai Setrojenar ini Senin lalu, jumlah pengunjung lumayan banyak karena anak-anak sekolah sudah mulai libur sehingga meski jam baru menunjukkan pukul 9.00 pagi sudah berjejer mobil dan motor di parkir. Sayang kondisi bibir pantai yang dipenuhi warung makan dan sampah yang berserakan cukup mengganggu kenyamanan untuk menikmati pantai di tengah teriknya matahari.

Sejak menyusuri jalan desa menuju pantai Setrojenar sebenarnya memang sudah banyak pertanyaan di dalam benak pikiran. Soalnya di halaman rumah warga ada spanduk-spanduk penolakan kehadiran TNI AD yang menjadikan lahan pertanian menjadi  kawasan labolatorium dan kawasan uji coba senjata dan latihan TNI AD.

Saat memasuki wilayah menuju pantai ini, kita akan disuguhi berbagai tanaman pertanian dikiri kanan jalan yang ditanam penduduk Setrojenar. Ada kebun semangka, tebu, papaya California yang sekarang sedang menjadi andalan adalah buah pepaya yang hasilnya saat ini sudah merambah ekspor pasar Filipina dan Malaysia.
setrojenar2Selain wisata pantai yang menjadi obyek wisata utama kita juga bisa menikmati agro wisata tanaman pepaya dan semangka. Bentangan lahan semangka yang dibudidayakan petani lahan pasir ini juga bisa langsung dinikmati bila sedang musim buah. Semangka ini dapat dipetik sendiri oleh pengunjung langsung di lahan atau dapat diperoleh dengan membelinya di dangau tepian jalan.

Diantara potensi wisata desa ini adalah keberadaan pantai berikut pertanian tanaman hortikultur yang akan dan terus berkembang. Tingkat kunjungan wisata di desa ini relatif tinggi dan terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan sehari-harinya pun selalu saja ada orang berkunjung, terutama pada pagi dan senja. Pesona sunrise dan sunset menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan lokal untuk berkunjung ke pantai..

Pada hari-hari tertentu seperti liburan akhir tahun seperti saat ini di kawasan pantai Setrojenar juga digelar berbagai event baik hiburan musik, lomba. Ada juga tradisi warga Setrojenar mandi bersama-sama menjelang Hari Raya Idul Fitri yang menjadi ajang wisata menarik setiap tahunnya.

Daya tarik lain adalah kuliner pecel dan peyek kumbang pasir (undur-undur) yang merupakan kekhasan menu wisata desa. Buah manggis yang memiliki banyak manfaat kesehatan juga menjadi hidangan wajib yang tersedia di warung.

Jika week-end juga teredia stand-stand yang menjual aneka pakaian dan di tempat ini juga anda bisa menikmati makanan Khas Kebumen lainnya yakni Sate Ambal yang sudah terkenal nikmatnya. Banyaknya kolam buatan membuat fasilitas kamar mandi, mushola dan toilet umum juga tersebar.

Saat libuan penjaga gerbang tiket mengatakan fasilitas hiburan bertambah seperti ada kereta kelinci, dremolem ala pasar malam berikut rumah hantu dan komidi putar, serta sewaan kuda, juga tersedia. Nah tunggu apa lagi ? jika kamu ingin berlibur dan membuang jenuh dengan biaya murah meriah maka ayunkan langkah ke Pantai Setrojenar, tujuan wisata yang tepat sebagai destinasi wisata kamu dengan keluarga. ( hildasabri@yahoo.com)

 

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.