Pantai Rupat Digarap demi Memikat Wisatawan

0
2538
Pantai Rupat Bengkalis (foto:wisatamelayu.com)

BENGKALIS, test.test.bisniswisata.co.id: Pariwisata di daerah terus berbenah. Pemerintah Daerah semakin menyadari, pariwisata bisa menggerakan potensi ekonomi daerah sekaligus mensejahterakan masyarakat yang ada di kawasan obyek wisata. Melihat potensi itu, Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau menggarap secara serius destinasi wisata Pantai Rupat.

Pembenahan onyek wisata pantai Rupat yang mempesona dengan pasirnya yang putih, asri dan alami serta berhadapan langsung dengan selat Malaka, dengan membangun puluhan home stay serta guest house dengan delapan kamar dengan fasilitas yang memadai, juga ada restoran yang buka 24 jam, Menyusul tengah dibangun pusat kerajinan dan oleh-oleh.

“Bahkan Untuk mendukung keberadaan wisata pantai Rupat, jalan poros Batu Panjang (Rupat)-Tanjung Medang (Rupat Utara) dibangun dan kini dipercepat penyelesaiannya, Pemkab Bengkalis juga melengkapinya dengan sarana air bersih di Rupat Utara,” ungkap Bupati Herliyan Saleh dalam keterangannya di Bengkalis, Sabtu (20/12/2014).

Selain itu, lanjut dia, penerangan listrik sudah siap yakni jaringan bawah laut yang terinterkoneksi dengan jaringan Sumatera. “Pembenahan infrastruktur ini agar wisatawan semakin terpikat untuk datang ke Pantai Rupat. Semua infrastruktur itu dibangun dengan pemerintah daerah Bengkalis. Kedepan pariwisata Pantai Rupat Utara semakin berkembang,” sambungnya.

Pantai Rupat, katanya, terletak di Jalan Rupat dan berjarak sekitar 300 meter dari kantor camat Rupat Utara. Wisata pantai yang juga telah ditetapkan sebagai daerah tujuan wisata nasional ini sudah beberapa kali dikunjungi wisatawan mancanegara bahkan wisatawan Eropa pernah menginap di guest house Budparpora ini.

Pantai sepanjang kurang lebih 11 Km itu ibarat “gadis molek” yang kini sejumlah pihak sudah menyatakan kesiapannya untuk pengembangannya dan kini sejumlah infrastruktur utama segera dipercepat penyelesaiannya.

Kabupaten Bengkalis adalah salah satu kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia. Wilayahnya mencakup daratan bagian timur pulau Sumatera dan wilayah kepulauan, dengan luas adalah 7.793,93 km persegi. Ibukota kabupaten ini berada di Bengkalis tepatnya berada di Pulau Bengkalis yang terpisah dari Pulau Sumatera, jelasnya seperti dikutip laman Antara.

Pulau Bengkalis sendiri berada tepat di muara sungai Siak, sehingga dikatakan bahwa pulau Bengkalis adalah delta sungai Siak. Kota terbesar di kabupaten ini adalah kota Duri di kecamatan Mandau. Kota Duri Terletak pada jarak 89 km dari Minas atau 119 km dari Pekanbaru.

Penghasilan terbesar Kabupaten Bengkalis adalah minyak bumi yang menjadi sumber terbesar APBD-nya bersama dengan gas. Kabupaten Bengkalis mempunyai letak yang sangat strategis, karena dilalui oleh jalur perkapalan internasional menuju ke Selat Malaka. ([email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.