Palu Siapkan Pertanian Dipadukan Konsep Wisata

0
3007
Wisatawan ikut membajak sawah (foto: specialpengetahuan.blogspot.com)

PALU, test.test.bisniswisata.co.id: Palu siapkan wisata pertanian, yakni perpaduan lahan pertanian dengan konsep wisata. Selain bertujuan mendatangkan wisatawan nusantara dan mancanegara, juga sebagai upaya peningkatan dan ketersediaan pangan. Juga akan menambah pendapatan bagi petani di daerah Palu, jika ada wisatawan yang datang. Langkah wisata pertanian ini merupakan konsep pertama yang diterapkan di propinsi Sulawesi.

“Kami terus mendorong setiap kelurahan agar bisa mewujudkan wisata pertanian, sebagai upaya menangkal terjadinya pendangkalan pangan. Setiap kelurahan harus menyediakan lahan, yang bermanfaat sebagai tempat wisata pertanian,” papar Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kota Palu, Mardiati di Palu Jumat (04/12/2015)

Dilanjutkan, lahan yang disediakan tidak harus berluasan hektare, melainkan ketersediaannya sesuai dengan kemampuan kelurahan menyediakannya. “Jadi tidak ada standar luasan lahan wisata pertanian, tetapi hal ini tergantung dari kemampuan kelurahan menyediakan,” jelas dia.

Sekretarit Badan Ketahanan Pangan Palu akan menyediakan bibit serta benih untuk kepentingan budidaya di sektor pertanian, serta pendampingan termasuk pelatihan pengelolaan dan pengembangan wisata pertanian.

“Karena itu, dibutuhkan peran aktif dari kelurahan dalam penyediaan lahan wisata pertanian tersebut. Wisata pertanian sekaligus menjadi pilot projek yang pengelolaannya akan diberikan kepada kelurahan. Pengelolaannya murni dikelola oleh kelurahan, kami hanya akan melakukan kontrol dan monitoring serta pendampingan,” kata dia

Konsep wisata pertanian ini terus dikembangkan. Wisatawan yang datang bisa melakukan aktifitas seperti yang dilakukan para petani. Seperti membajak sawah, menuai padi, mengusir burung pemakan padi, bercocok tanam, mencangkul lahan, memanen padi, mengenalkan peralatan tradisional para petani padi dan lainnya.

Selama ini, destinasi wisata di Palu lebih banyak wisata pantai, juga ada wisata danau, teluk, pegunungan bahkan city tour. Beberapa destinasi wisata yang sudah dikenal wisatawan seperti wisata Pantai Talise. Jembatan Palu IV, suatu landmark yang menjadi ikon utama kota Palu. Pantai Taman Ria yang dikenal dengan kuliner pisang epe, sarabi juga hidangan kuliner khas Palu.

Selain itu, obyek wisata Sinkhole Presentasi Donggala. Sebuah lubang besar (sumur raksasa) yang menganga mirip kolam yang terisi air laut. Konon di tempat wisata baru yang unik ini terdapat terowongan yang menghubungkan lubang ke laut Palu, Sulawesi Tengah. Banyak juga yang menyebut sinkhole ini sebagai sumur laut. Di bagian pinggir tersedia tangga untuk menuju ke daratan lagi, jika pengunjung yang ingin berenang di lubang ini.

Juga wisata Desa Dombu, dengan pemandangan alam di wilayah Dombu Donggala. Destinasi wisata lainnya, Pantai Tanjung Karang Donggala. Taman Nasional Lore Lindu. Tugu Nosarara Nosabatutu (Tugu Perdamaian). Danau Poso. Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dengan panjang 32 km dan lebar 16 km. merupakan salah satu danau terindah di dunia dengan pasir putih yang terdapat pada tepi sampai di dasar Danau. (marcapada2015@yahoo.co.id)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.