Padang Terapkan Sertifikasi Kuliner

0
817
Aneka kuliner Padang

PADANG, test.test.bisniswisata.co.id: Padang Sumatera Barat (Sumbar) kini mulai menerbitkan sertifikat untuk pelaku usaha kuliner. Penerbitan sertifikat rencananya bakal diterapkan pada awal 2016. Sertifikasi kuliner ini bertujuan memberikan rekomendasi kepada wisatawan yang menjajal berbagai kuliner di Padang, dengan pelayanan menu makanan yang berstandar, berkualitas juga harganya sesuai dengan ketentuan sehingga tidak merugikan wisatawan.

“Saat ini masih dalam tahap pengkajian. Nanti, salah satu syarat untuk mendapatkan sertifikat adalah pelaku usaha kuliner harus menyediakan daftar menu beserta harganya, ,” tegas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi di Padang, Rabu (11/11/2015).

Dilanjutkan, untuk mengantisipasi jebakan pelaku usaha kuliner kepada turis dengan harga yang tidak wajar, penerapan sertifikat ini sebagai solusi terbaik. Sehingga tidak terjadi komplain dari wisatawan, sekaligus pemberitaan media yang miring tentang kuliner di Padang.

Pelaku usaha yang telah mendapatkan sertifikat menerima semacam stiker dan daftar pelaku usaha yang tersertifikasi akan diumumkan di media cetak dan elektronik. Dalam penerbitan sertifikat pihaknya bekerjasama dengan beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait di Padang.

“Syarat lain untuk mendapatkan sertifikat tentu tempat usahanya tidak berdiri di fasilitas umum seperti trotoar, harus memiliki izin dari dinas kesehatan, pajaknya harus dibayar dan lainnya. Maka dari itu kami akan menggandeng beberapa SKPD terkait,” kata dia sambil menambahkan saat ini lebih kurang 300 pelaku usaha kuliner telah terdaftar di kota itu.

Mahesa (24) Seorang warga Padang mengatakan menyambut baik kebijakan di Padang itu. “Saya mendukung dan dengan kebijakan itu pastinya wisatawan lebih nyaman ketika berkunjung dan menjajal kuliner di Kota Padang,” imbuh dia. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.