Padang City Guide, Aplikasi Jelajah Kota Padang

0
447

PADANG, bisniswisata.co.id: Bertambah lagi destinasi wisata Indonesia yang memanfaatkan dunia digital. Kini, menjelajahi Kota Padang kini lebih mudah. Sebab, kini tersedia aplikasi berbasis android dalam gawai atau telepon genggam pintar tentang Petunjuk Kota Padang pada tahun ini.

Meski tidak secara resmi diluncurkan pemerintah aplikasi yang bernama “Padang City Guide” tersebut sudah bisa diunduh di aplikasi “playstore” di semua gawai yang memiliki sistem android.

Usai diunduh dan disimpan, masyarakat sudah langsung mengetahui beragam informasi tentang kota yang dahulunya merupakan daerah rantau orang luhak atau nenek moyang orang Minangkabau. “Tinggal unduh dan semua tempat yang ada di Padang tersaji di aplikasi tersebut,” kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah.

Usai diunduh dan mengaktifkan lokasi, saat dibuka aplikasi ini menampilkan beragam menu informasi tempat penting di Padang. Secara langsung bila dibuka, ada menu sebelah kiri dan tampil ATM, Bandara, Bank, Dokter, Hiburan, Hotel.

Juga Kampus, Kantor Pemerintah, Kesehatan dan Kecantikan, Kuliner, Masjid, Otomotif, Perkantoran, Perpustakaan, Polisi dan Darurat, Rekreasi, Rental Mobil hingga menu terakhir Tour dan Travel. “Bila dipilih satu menu, akan terhubung dengan aplikasi google map yang menunjukkan lokasi dengan cepat,” katanya.

Bahkan masih ada pilihan profil, kalender wisata dan sebagainya sehingga hanya dengan gawai masyarakat bisa mengetahui sebagian besar informasi di Padang.

Menurut Mahyeldi adanya aplikasi ini sejalan dengan upaya pemerintah mengembangkan dan promosi besar-besaran pariwisata. Aplikasi elektronik ini juga sejalan tujuan pemerintah menjadikan Padang kota cerdas atau ‘Smart city’. “Diharapkan “Padang City Guide” jadi faktor masuknya investor dan wisatawan,” kata Mahyeldi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi mengatakan aplikasi ini akan menguntungkan masyarakat yang ada, dan tertarik datang ke Padang. Sebab pihaknya mendesain dengan sistem yang mudah diakses hingga semua umur bisa menggunakannya.

Selain itu pihaknya melakukan pembaruan data dan informasi seperti kegiatan besar yang akan dihelat pada tahun ini. “Yang jelas kami sudah memasuki dunia teknilogi digital untuk memasarkan kota Padang,” tandasnya.

Terkait kegiatan pariwisata tahun ini aplikasi tersebut akan membantu mengingatkan warga dan wisatawan untuk berkunjung. Bukan hanya itu nantinya bagi masyarakat yang ketiggalan dan tidak ikut hadir dapat menikmatinya hanya melalui aplikasi.

Terhitung mulai Maret dan seterusnya kegiatan seperti Festival Randai, Siti Nurbaya, Lomba Qasidah, Selaju Sampan, Dragon Boat dan sebagainya hingga akhir tahun, informasinya akan disajikan pada aplikasi tersebut. (*/NDY)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.