Okupansi Hotel di Jateng Diprediksi Tembus 100 Persen

0
413

SEMARANG, test.test.bisniswisata.co.id: Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Tengah (Jateng) memprediksi okupansi atau tingkat hunian kamar hotel di wilayah Jateng saat Lebaran 2016 bisa mencapai 100 persen.

“Mulai terasa peningkatan hunian kamar biasanya pada H-3 Lebaran. Umumnya para tamu yang mudik dari Jakarta menuju Jawa Timur atau wisatawan domestik yang menghabiskan liburan Lebaran menuju Bali,” kata Ketua PHRI Jawa Tengah Heru Isnawan di Semarang.

Melihat hari Lebaran yang kemungkinan jatuh Rabu (6/7), pihaknya berharap okupansi meningkat mulai Senin atau Selasa. “Kalau melihat tren tahun lalu memang okupansi bisa mencapai 100 persen, tetapi ini tidak sampai panjang. Biasanya hanya bertahan antara 1-3 hari,” katanya.

Dilanjutkan, okupansi akan kembali normal. Okupansi hotel di Jawa Tengah untuk year to date di kisaran 53-54 persen. Tingkat hunian masih didominasi wisatawan nusantara dan sekitar 10-15 persen dihuni wisatawan mancanegara.

Saat Ramadhan seperti saat ini tingkat hunian kamar turun antara 15-20 persen. Sedangkan dari sisi MICE masih cukup baik. “Hotel-hotel di Jawa Tengah kebanyakan masih MICE oriented, berbasis kegiatan Pemerintah,” katanya seperti dilansir laman Antara.

Capaian MICE yang masih cukup baik didukung oleh kegiatan Pemerintah yang sudah dimulai sejak awal tahun. “Jika dulu biasanya periode Januari-Maret masih low, sekarang sudah mulai bagus. Sejauh ini masih bertahan baik,” katanya. (*/ANO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.