Home INDEX Oktober 2016, Bandara Yahukimo Diresmikan Presiden Jokowi

Oktober 2016, Bandara Yahukimo Diresmikan Presiden Jokowi

0
1634
Bandar Udara Nop Goliat di Dekai, Kabupaten Yahukimo (Foto: www.indoflyer.net)

YAHUKIMO PAPUA, test.test.bisniswisata.co.id: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Bandar Udara Nop Goliat di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua, yang baru selesai dibangun dan mulai beroperasi pada Kamis (22/9/2016).

Saat menyambut Menhub, Bupati Yahukimo Abock Busup mengaku daerahnya masih memerlukan anggaran untuk menambah fasilitas dan infrastruktur perhubungan.

“Kami masih kesulitan dalam anggaran sehingga tidak dapat mempercepat pembangunan infrastruktur. Mohon bantuan Kemenhub untuk membantu mensubsidi agar lapangan terbang perintis bisa tetap eksis,” ujarnya dalam siaran pers pada Kamis.

Merespons permintaan Bupati, Menhub menyampaikan bahwa Yahukimo merupakan daerah yang potensial. Pemerintah akan mendorong solusi angkutan kebutuhan logistik melalui kargo udara dan laut.

“Dengan adanya kargo udara dan kargo laut akan membuat Yahukimo menjadi daerah strategis, sehingga ekonomi akan meningkat serta lapangan pekerjaan akan semakin terbuka,” kata Budi Karya.

Untuk itu, lanjutnya, pemerintah masih akan terus mendukung penerbangan perintis. “Untuk penerbangan juga akan dibagi dari Wamena dan Timika, sehingga frekuensi penerbangan di Bandara Dekai akan meningkat sehingga dapat memacu perekonomian di Yahukimo.”

Untuk pelabuhan, Kemenhub juga akan akan mengembangkan pelabuhan Agats pada 2018 untuk menjadi solusi pelayanan logistik melalui kargo laut. Pelabuhan akan menopang jalur logistik selain udara.

Menhub menyatakan masih akan mendukung pembangunan insfrastruktur Bandara Dekai. “Runway sekarang 1.950 meter, ke depan kita tambah menjadi 2.500 meter agar pesawat Boeing bisa mendarat disini, sehingga solusi untuk membantu pelayanan logistik melalui kargo udara.”

Bandara ini akan diusulkan untuk diresmikan Presiden Joko Widodo pada awal bulan depan. Bandara ini satu dari tujuh bandara perintis yang menghubungkan 517 desa di Kabupaten Yahukimo.

“Kami usulkan kepada Presiden Jokowi untuk meresmikan bandara ini sebagai wujud komitmen pemerintah membangun konekvitas di Papua,” kata Budi Karya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here