Obyek Wisata Sukabumi Jadi Lokasi Syuting Film Hollywood

0
851
Geopark Ciletuh Sukabumi (Foto: .tripcanvas.co)

SUKABUMI, Bisniswisata.co.id: Sutradara film asal Indonesia yang berkiprah di Hollywood, Livi Zheng, menyatakan siap membantu mempromosikan pariwisata dan seni budaya di Sukabumi, Jawa Barat. Keinginannya itu bersamaan dengan niatnya menggarap dua film terbarunya yang berjudul ‘Second Change’ dan ‘Life is Full Surprise’.

Dalam dua film tersebut, Livi kembali membuatnya dengan tema laga, dengan mengedepankan olahraga Pencak Silat dan Bola Seneu (bola api), yang merupakan kebudayaan khas Sukabumi.

“Seni budaya dan pariwisata di Sukabumi banyak yang menarik. Walau saya tidak terlalu banyak mengetahuinya, tapi film ini akan membantu mempromosikanya,” kata Livi di Sukabumi, seperti yang dikutip dari Antara, Senin (28/08/2017).

Memori tentang Sukabumi yang diingat wanita kelahiran Jawa Timur berusia 28 tahun ini ialah saat dirinya diajak keluarganya ke Pelabuhan Ratu dan menyicipi Kue Moci. Walau kini ia tinggal di Amerika Serikat bersama suaminya, namun kenangan masa kecilnya itu tidak akan pernah dilupakannya.

Produksi film Livi dibantu oleh kru yang sebagian besar berasal dari Negeri Paman Sam. Tidak lupa ia juga mengajak komunitas film dan warga lokal di Sukabumi untuk berpartisipasi. Rencananya, pengambilan gambar akan dilakukan selama satu pekan sejak Jumat (25/8).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Dana Budiman mengapresiasi niat baik dari Livi untuk memproduksi film yang bakal membantu mempromosikan Sukabumi di mata dunia. “Kami berharap filmnya dapat menjadi ajang promosi yang baik, terutama menyorot yang sedang dikembangkan Sukabumi saat ini, yakni wisata Geopark Ciletuh,” ujar Dana.

Tercatat hampir 46 tempat wisata menarik di Sukabumi. Mulai wisata pantai, pulau, alam, air terjun, pemandian air panas, danau, gua, sungai (arum jeram), wisata sejarah hingga wisata Geopark yang memukau. Dari jumlah itu, ada 10 destinasi wisata yang ngehits atau sering didatangi wisatawan.

01. Danau Bacan

Danau ini sebenarnya merupakan lubang bekas galian tambang yang kemudian terisi oleh air hujan. Batuan hijau yang membentuk dasar danau ini menjadikan air danau tampak berwarna kehijauan.Meskipun ukurannya relatif kecil, namun warna hijau air inilah yang membuat tempat ini menarik bagi para pemburu foto. Selain air danau, rangkaian batuan yang mengelilingi danau juga cukup menarik lho. Penampakan batuan yang dipadukan dengan hijaunya air danau menjadikan pemandangan di sini sangat layak untu masuk di Instagram Anda.

02. Sungai Citarik

Sungai Citarik adalah salah satu tempat wisata di Sukabumi yang paling terkenal. Kegiatan yang dapat dilakukan di Sungai Citarik adalah arung jeram, flying fox, team building, paint ball, dan lain-lain. Biasanya Sungai Citarik sering digunakan untuk kegiatan rekreasi perusahaan karena sifatnya yang membangun kerja sama tim. Bagi anda yang datang dengan grup kecil, tidak perlu kuatir karena pengunjung arung jeram Sungai Citarik sangat banyak sehingga anda dapat berarung jeram ramai-ramai.

03. Bukit Karang Para

Bukit Karang Para telah menjelma menjadi objek Instagram paling kekinian bagi para kawula muda. Keindahan batuan karang yang berpadu dengan hijaunya alam dan asrinya perkampungan tradisional warga. Tempat paling digemari untuk berselfie ria adalah platform kecil dari bambu di antara dua batuan karang. Namun, harap bersabar ya, karena saat ramai terkadang pengunjung harus bergiliran untuk mengambil foto.

04. Goa Buniayu

Goa Buniayu adalah tempat wisata di Sukabumi yang paling menghabiskan tenaga. Kenapa begitu? Goa Buniayu adalah goa yang besar dan dalam, untuk dapat menikmati seluruh tantangannya, anda akan membutuhkan badan yang sehat dan kuat. Dengan lama perjalanan dalam goa sekitar 5 jam, tenaga anda akan terkuras habis karena medan yang ditempuh tidak hanya berupa jalan lurus saja, melainkan melewati danau lumpur, berpegangan pada pinggir tebing, memanjat tebing, melewati tumpukan batu, dan lain-lain. Selama perjalanan dalam goa, anda akan dapat menikmati pemandangan yang tidak dapat anda jumpai di permukaan bumi, sehingga akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Ingat, hanya yang berbadan sehat saja yang dapat menaklukan tantangan Goa Buniayu!

05. Pantai Ujung Genteng

Mendengar nama Pantai Ujung Genteng, mungkin anda akan bertanya-tanya, pantai kok namanya Ujung Genteng? Ada apa sih di sana? Pantai Ujung Genteng adalah sebuah pantai indah yang juga memiliki penangkaran penyu hijau. Pantai Ujung Genteng menawarkan keharmonisan dengan alam sehingga dapat mengobati segala kepenatan sehari-hari yang telah menumpuk di kepala anda. Berlokasi di Kecamatan Ciracap, sekitar 220 KM dari Jakarta, pantai ini memang cukup jauh namun anda tidak akan kecewa ketika menyaksikan secara langsung pantai berpasir putih dengan ombak yang menggulung di Pantai Ujung Genteng. Selain dapat berselancar dan memancing di Pantai ini.

06. Geopark Ciletuh.

Tempat ini bisa dibilang obyek wisata serba ada. Dari air terjun, hamparan sawah, ladang, gunung, hutan, dan pantai, semuanya dapat Anda temukan di sini! Bagi para penikmat air terjun, inilah beberapa air terjun indah yang ada di dalam kawasan Geopark Ciletuh. Curug Cigangsa Dikenal juga dengan nama Curug Luhur, air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu terdiri dari tiga tingkat. Keelokannya dapat dinikmati dari atas dan bawah. Namun disarankan untuk berhati-hati jika berkunjung ke sini saat musim penghujan, karena aliran airnya dapat berubah menjadi sangat deras.

07. Taman Rekreasi Selabintana

Taman Rekreasi Selabintana berlokasi di kaki Gunung Pangrango adalah sebuah tempat wisata di Sukabumi yang menawarkan suasana hijau pegunungan, dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang wisata. Taman Rekreasi Selabintana sangat cocok untuk keluarga yang ingin berpiknik di hijaunya pegunungan yang asri. Cukup dengan membayar tiket masuk seharga 5,000 Rupiah, anda sudah dapat menikmati Taman Rekreasi Selabintana yang terletak sekitar 7 KM di utara kota Sukabumi. Fasilitas yang dimiliki oleh Taman Rekreasi Selabintana yaitu: tempat parkir, kolam renang, mushola, toilet, kawasan bermain, lokasi kemah, penginapan, perkebunan teh, hutan lindung, permainan ATV, permainan flying fox, dan fasilitas lainnya.

08. Situ Gunung

Situ Gunung mungkin sangat jarang terdengar di telinga kita. Apa itu Situ Gunung? Situ Gunung adalah sebuah danau yang berlokasi di Kecamatan Kadu Dampit, Sukabumi. Berada di kaki Gunung Pangrango, sektiar 16 KM dari Kota Sukabumi, Situ Gunung adalah sebuah danau yang sangat indah dan hijau. Danau ini adalah salah satu lokasi favorit para fotografer Indonesia, terbukti dengan banyaknya jumlah gambar Danau Situ Gunung yang beredar. Seperti layaknya sebuah wisata danau, di sini anda dapat bermain perahu, berpiknik, berkemah, memancing, dan lain-lain. Untuk yang baru pertama kali ke Situ Gunung, saya sarankan jangan pada saat malam hari karena jalan ke Situ Gunung masih minim penerangan, selain itu sinyal handphone juga kurang bagus di daerah ini.

09. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar terletak di Kecamatan Cisolok, Sukabumi. Kampung Ciptagelar adalah sebuah kampung yang berumur sekitar 650 tahun dengan adat turun temurun sehingga berkunjung ke Kampung Ciptagelar akan menjadi sebuah pengalaman yang unik dan tak terlupakan. Untuk dapat menikmati wisata budaya Kampung Ciptagelar, anda harus melewati perjalanan yang cukup sulit, namun semuanya akan terbayar karena kebudayaan Kampung Ciptagelar adalah kebudayaan yang tak dapat anda jumpai di tempat lain.

10. Kawah Ratu

Berlokasi di lereng Gunung Salak, Kawah Ratu adalah sebuah kawah aktif yang mengeluarkan uap panas. Kawah Ratu adalah tempat favorit para pecinta alam karena untuk dapat mencapai Kawah Ratu, anda harus menempuh perjalanan mendaki melewati jalan setapak selama kurang lebih 3 jam. Bagi pendaki pemula, disarankan untuk tidak mendaki pada malam hari. Selain itu, jangan lupa membawa peralatan mendaki seperti sandal gunung, payung, kompas, jas hujan, senter, bekal makanan, dan lain-lain. (*/NDIK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.