NTT Jual Atraksi Wisata Nonton Paus di Laut Lepas

0
830
Wisata berburu paus di Desa lamater NTT (Foto: .triptrus.com)

KUPANG, Bisniswisata.co.id: Kekayaan laut Nusa Tenggara Timur (NTT), terus dikelolah menjadi wisata bahari yang ditawarkan ke wisatawan. Kini satu lagi, atraksi menonton ikan paus di laut lepas dijual ke para pelancong. Apalagi di NTT ditemuka 18 jenis paus yang melintasi perairan NTT.

“Perairan provinsi NTT memiliki habitat perairan laut dalam, serta menjadi wilayah perlintasan 18 jenis paus. Termasuk dua spesies paus yang langka dan kharismatik yaitu paus biru (Balaenoptera Musculus) dan paus sperma (Physeter macrocephalus),” kata Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTT Marius Ardu Jelamu Marius dikutip dari nttterkini.com, Kamis (22/06/2017).

Dijelaskan, lokasi perlintasan paus ada di sejumlah kabupaten, seperti di Lembata, Flores Timur, Alor dan sejumlah kabupaten lainnya di Pulau Flores. Semua kabupaten dipastikan siap menjadi destinasi wisata menonton paus.

Apalagi, Paus yang muncul di perairan dengan durasi lama termasuk atraksi yang pertama di dunia. “Ini atraksi yang luar biasa, apalagi bila sampai bisa berfoto dengan paus di NTT,” katanya.

Sementara Kontur kedalaman laut perairan NTT sangat curam. Kontur itu menjadikan kawasan perairannya sangat potensial untuk menjadi akses pengamatan paus. “Semua ini akan memberi kontribusi bagi upaya pencapaian tekad pemerintah untuk menjadikan NTT sebagai provinsi pariwisata, serta keinginan mewujudkan NTT sebagai destinasi utama pariwisata di Indonesia tahun 2018,” paparnya.

Namun ada hal yang harus diperhatikan, lanjut Marius, paus merupakan spesies karismatik yang dilindungi sesuai regulasi internasional. Maka dari itu, setiap pengembangan kegiatan menonton paus di perairan Indonesia harus dilakukan dalam kerangka manajemen yang ketat.

“Tanpa pedoman yang ditaati seluruh stakeholder, masyarakat dan wisatawan, maka kegiatan ini dapat mengancam kelestarian populasi paus yang melintasi perairan NTT,” jelasnya.

Marius berharap, wisata menonton paus juga agar mendidik masyarakat untuk bisa memelihara dan mengonservasi biota laut NTT, supaya kelestarian alam ini bisa selalu terjaga.

Selain itu, tambah dia, berencana memanfaatkan potensi itu menjadi objek wisata menonton paus. Ia tengah menyosialisasikan rencana pengembangannya kepada sejumlah stakeholder pariwisata di NTT, dengan sebuah harapan tingkat kunjungan wisatawan terutama mancanegara semakin bergerak naik. (*/ndik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.