November 2017, Bandara Belitung Disingahi Pesawat Singapura & Malaysia

0
921
Sriwijaya Airlines mendarat di Bandara H.A.S. Hanandjoeddin, Tanjungpandan, Balitung, setelah sehari sebelumnya penerbangan ke destinasi wisata itu lumpuh total. (foto; Hilda Sabri Sulistyo)

BELITUNG, Bisniswisata.co.id: Mulai November 2017, penerbangan Internasional dari Singapura dan Malaysia akan terbang perdana ke Bandara Internasional HAS Hanandjoedin Belitung. Penerbangan perdana ini diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan kedua negara ke Belitung, juga peningakatan bisnis serta investasi.

“Alhamdullilah, kita bersyukur setelah sekian lama kita menunggu, akhirnya penerbangan internasional segera terealisasi, rencanya untuk penerbangan dari Malaysia Perdananya (9/11) sedangkan untuk Malaysia (15/11),” papar Bupati Belitung Sahani Saleh seperti dilansir laman MediaIndonesia.com, Ahad (22/10/2017).

Sahani menyebutkan, penerbangan perdana Internasional ke Bandara HAS Hanandjoedin Belitung dengan menggunakan pesawat carter. Tahap awal sebanyak 10 penerbangan dengan pesawat boeing 737-800 kapasitas 160 penumpang. “Ini kan tahap awal, memang ini sistem carter, pesawatnya 737-800, untuk 10 penerbangan baik dari Malaysia maupun Singapura,” ujarnya.

Untuk itu, di utarakan Sahani, apabila nanti dari 10 penerbangan dengan pesawat carter tersebut, ternyata ramai para wisatawan dari malaysia maupun singapore, penerbangan akan di lanjutkan ke reguler. “Kita lihat nanti, kalau misalkan antusias wisatawan ramai, kita beralih ke reguler, intinya penerbangan carter ini cikal bakal ke penerbangan reguler,”ungkap dia.

Dalam penerbangan sistem carter dari malaysia dan Singapore ini, di jelaskan Sahani. Pemkab Belitung menyiapkan cadangan biasa sebesar Rp.1,1 milyar, untuk searing biaya. “Searing biaya itu, untuk antisifasi kalau terjadi resiko apabila dalam penerbangan jumlah tingkat keterisian penumpang pada 10 penerbangan itu tidak sampai 85 persen, jadi kita yang tanggung dengan biaya cadangan tersebut,” ucapnya

Kendati demikian, dia berharap, semoga 10 perbangan tersebut tingkat keterisianya mencapai 100 persen, sehingga biaya cadangan tidak di keluarkan. (*/MIO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.