Noriyuki Takehana: Ayo karaoke, menyelesaikan masalah tanpa masalah

0
1249
Sumber: http://0.tqn.com/y/manga/1/S/u/I/-/-/LoveCom_karaoke_500.jpg

MANGUPURA,BALI, test.test.bisniswisata.co.id: Eksekutif Daiichikosho, Noriyuki Takehana, sebagai sponsor utama dalam penyelenggaraan Karaoke World Championship ( KWC) Asia yang pertama di Bali mengatakan dukungan perusahaannya bukan karena meyakini karaoke sebagai industri yang terus tumbuh tetapi yang lebih penting adalah karena kegiatan yang menghibur ini mampu mengatasi masalah tanpa masalah.

“Maksud saya kalau para eksekutif merasa penat dan terbeban dalam pekerjaan maka mereka akan bernyanyi, berteriak bebas mengekspresikan sekaligus melepaskan stress dalam pikirannya,” kata Noriyuki Takehana, Director and Corporate Officer DAM, industri karaoke terbesar di Jepang saat ditemui disela-sela penyelenggaraan KWC Asia di Bali, pada 9-11 Oktober 2015 lalu.

Noriyuki yang juga punya jabatan rangkap sebagai Manager of Advertising Departement ini mengatakan sejarah lahirnya karaoke memang di Jepang. Menurut dia, dalam bahasa Jepang, karaoke merupakan gabungan dari dua kata, yakni Kara dan Oke. Kara sendiri merupakan kata yang diambil dari Karappo yang artinya kosong. Sementara Oke adalah kata yang berarti orkestra jadi karaoke adalah musik yang kosong atau tanpa penyanyi atau vocalisnya.

Perusahaannya tahun ini merayakan 40 tahun beroperasi dengan 8000 box ( rumah karaoke) di seluruh Jepang baik yang dimiliki sendiri maupun dari bisnis franchaise. Eksistensi usaha dengan slogan Sing for Smile ini sudah jelas menunjukkan bahwa karaoke adalah aktivitas yang bisa membuat konsumennya bahagia dan selalu tersenyum.

Keyakinan bahwa karaoke adalah aktivitas yang bisa menyelesaikan masalah tanpa membuat masalah baru terbukti dari hasil penelitian bahwa kalau puluhan tahun lalu karaoke menjadi penghilang stress kaum pekerja dan pengusaha dalam menghadapi pekerjaan. Maka kini karaoke menjadi obat mujarab bagi kalangan warga senior atau disebut warga lanjut usia untuk mengatasi berbagai masalah dalam tubuh.

Pikiran yang menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit, kini dihalau dengan berkaraoke bersama keluarga, teman maupun relasi bisnis para lansia ini sehingga tubuh mereka menjadi lebih sehat dan selalu gembira.

Banyak manfaat

“Mengenai manfaat karaoke ini perusahaan kami sudah melakukan penelitian dan hasilnya tidak terbatas dalam hal umur karena mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia menyukai kegiatan karaoke ini terlepas punya suara bagus atau tidak justru karaokelah tempat berlatih yang baik,” kata Noriyuki Takehana di damping Jiro Hoshi, asisten managernya untuk urusan periklanan.

” Hasil penelitian dari perusahaan kami karaoke sekarang sudah digemari oleh semua segmen umur. Kalau dulu awalnya dilakukan oleh banyak pekerja yang bersantai dengan berkaraoke melepaskan penat setelah kerja berat maka sekarang mulai dari usia balita hingga lanjut usia suka karaoke,” kata Noriyuki Takehana

Umumnya karaoke dipilih untuk bersenang-senang lewat menyanyi dan dilakukan baik seorang diri bersama teman, keluarga hingga komunitas. Kegiatan ini disadari atau tidak dapat mengurangi risiko penyakit jantung, store dan stress.

“Berkaraoke bersama teman-teman bisa membuat seseorang sehat dan bahagia karena saat seseorang bernyanyi, mereka cenderung menarik nafas dalam dan perlahan. Kondisi ini sangat baik untuk sistem syaraf dan membuat pernafasan menjadi lebih baik.

Soalnya ketika bernyanyi kita menggunakan seluruh tubuh untuk bernafas dengan lebih santai. Otot diafragma akan melengkung ke bawah, paru-paru mengembang lebih lengkap. Otot perut menjadi lebih santai sehingga memungkinkan tubuh bernafas lebih aktif dan sehat.

Saat bernafas dengan santai volume oksigen yang mengaliri seluruh tubuh akan makin besar. Sel-sel tubuh yang dialiri oksigen berfungsi lebih baik dan menciptakan energi baru bagi pemiliknya serta merangsang aktivitas otak dengan lebih banyak oksigen yang mengalir dan menjangkau otak.

Bernyanyi memerlukan pemikiran karena kita perlu mengikuti lirik, melodi dan irama, serta kata-kata yang menghubungkannya dengan emosi. Saat bernyanyi udara akan banyak mengalir ke otak pada bagian neuron yang mengintegrasikan aktivitas fisik, emosional dan psikologis untuk merasa gembira.

Noriyuki mengingatkan bahwa hormon bahagia atau hormon endorphine yang dikeluarkan saat bernyanyi bermanfaat menciptakan rasa senang dan kebahagiaan dengan memicu saraf dan fisik. Nyanyian seseorang meski tidak terdengar sempurna layaknya penyanyi profesioanl, namun bisa menghibur orang lain dan juga menciptakan rasa senang.

Noriyuki Takehana (blazer) di damping Jiro Hoshi dan pemenang dari Indonesia dan peserta lainnya. ( foto: Hilda Sabri Sulistyo)
Noriyuki Takehana (blazer) di damping Jiro Hoshi dan pemenang dari Indonesia dan peserta lainnya. ( foto: Hilda Sabri Sulistyo)

“Nah ketika karaoke maka orang merasa senang sehingga tingkat stress otomatis menurun. Endorfin membantu mengurangi stress dan gelisah. Saat menyanyikan sebuah lagu dengan perasaan mendalam tubuh bernafas lebih dalam dan memperlambat denyut jantung serta mengurangi kecemasan berlebihan. Saat stress, buang kepenatan dengan menyanyikan lagu-lagu kesukaan dan bergembiralah,” ungkapnya.

Manfaat lainnya adalah dalam hal mengasah kepercayaan diri. Karena jika berbicara di depan umum masih merupakan ketakutan utama bagi sebagian besar orang, maka dengan bernyanyi di karaoke dengan sahabat dan orang terdekat bisa membangun rasa percaya diri dan menjadi orang yang lebih terbuka. Bila Anda telah berani berbagi suara dan musik, akan lebih mudah mengatasi ketakutan dan grogi.

Ada hal lainnya yang menjadi manfaat karaoke terutama bagi warga lansia yaitu meningkatkan memori dan mencegah pikun karena saat membaca lirik lagu sebenarnya kita tengah merangsang wilayah otak yang terlibat dengan memori, belajar dan konsentrasi.

“Coba perhatikan mereka yang suka karaoke baik dilingkungan keluarga maupun teman. Tanpa di sadari secara bersamaan aktivitas ini membangun rasa percaya diri, merangsang jiwa seni dan menumbuhkan jiwa kreatif sehingga menjadi seseorang yang produktif dan inovatif serta out of the box.

Banyak profesi sehari-hari yang diuntungkan jika rajin bernyanyi karaoke seperti pembicara, presenter, guru, ustad, pendeta atau mereka yang setiap hari harus keliling presentasi untuk meningkatkan penjualan produk perusahaannya.

“Para speaker akan mendapatkan keuntungan dari belajar menyanyi karena suara merupakan instrument penting dan menyanyi akan memberikan kita keahlian berbicara dengan suara bertenaga, kuat dan percaya diri yang terpancar dari suara dan semua itu bisa dirasakan dari frekuensi menyanyi yang rutin,” kata Noriyuki..

Tidak heran, tambahnya, karaoke kini sudah bagian dari gaya hidup masyarakat di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Itulah sebabnya konsisten dalam mendukung Karaoke World Championships merupakan langkah yang tepat untuk mendukung para penyanyi amatir untuk memiliki ajang lomba sendiri. Di Indonesia, mitra dari KWC Asia ltd adalah Inul Vista Family KTV .

Bermula dari lomba penyanyi amatir pertama yang digelar di Finlandia tahun 2003 yang diikuti oleh 7 negara, ajang lomba ini cepat berkembang dan menghasilkan penyanyi profesional yang dapat berkontribusi bagi aktivitas sosial di tingkat dunia pula.

Desember tahun 2005, misalnya, saat tsunami menghantam Aceh dan negara-negara di kawasan Asia Pasifik, lima pasang penyanyi KWC diundang untuk tampil di Bangkok oleh putra dari Raja Thailand mengisi acara konser pengumpulan dana bertajuk ‘KWC Lights Up The Night’ untuk menolong para korban bencana alam yang mengerikan itu.

“Saat ini kompetisi KWC telah berkembang di berbagai negara untuk tingkat nasional, lalu setiap industri karaoke mengirimkan pemenang tingkat nasional ke tingkat dunia. Sejak dua tahun lalu, panitia dari Indonesia, Malaysia, Singapura dan Macau melahirkan kompetisi di tingkat Asia dan kegiatan di Bali ini yang kedua kalinya dengan hadiah U$3000,”ungkapnya.

Untuk kejuaraan tingkat dunia yang akan berlangsung di Singapura pada 20-22 November 2015 maka nilai total hadiah yang diterima adalah US$5000. Selain menerima piala dan hadiah lainnya seperti tour dan training-training juga memiliki kesempatan rekaman dan konser di berbagai negara. Kami berkomitmen untuk menjadi sponsor utama juga di ajang tingkat dunia bulan depan,” kata Noriyuki mengakhiri obrolan. ( [email protected])

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.