Nadine Chandrawinata Peduli Hiu

0
1746
Nadine (foto: saribulih.wordpress.com)

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: NADINE Chandrawinata, selebriti cantik ternyata punya kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan, baik darat maupun laut. Kepedulian itu dibuktikan dengan aktif dalam penyelamatan hiu melalui komunitas #SaveSharks. Kepeduliannya ternyata tak mudah diterapkan. Terbukti dara kelahiran Hannover, Jerman 8 Mei 1984 pernah memiliki pengalaman diberi sajian sirip hiu sebagai jamuan makan dari penduduk lokal suatu daerah.

“Di sana banyak orang menyajikan sirip hiu untuk tamu-tamu, khususnya tamu terhormat. Nah, beberapa kali hadir di acara, aku disajikan sirip hiu. Karena menurut mereka, kalau ada tamu terhormat harus dijamu dengan sirip hiu. Hiu dianggap seperti makanan kerajaan,” papar mantan Puteri Indonesia tahun 2005 mewakili DKI Jakarta, serta mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2006 di (Los Angeles, Amerika Serikat) dan meraih juara kedua untuk Budaya Nasional Terbaik dan Putri Persahabatan.

Meski sebagai aktivis gerakan penyelamatan hiu dari perburuan manusia, namun bintang film Realita, Cinta dan Rock’n Roll (2006) ini, tidak mau bereaksi berlebihan dalam acara tuan rumahnya. Ia pun tidak mau menyentuh makanan yang disajikan, karena itu berbeda dengan kata hatinya yang mengatakan bahwa hiu adalah hewan yang harus diselamatkan, bukan untuk dimakan. “Disajikan, tapi aku tidak sentuh. Teman-teman aku juga sudah mengerti dan tidak menyentuh karena tahu hiu matinya gimana,” ungkap wanita yang fasih berbicara dalam bahasa Jerman.

Tak hanya di dalam negeri, Nadine juga pernah diberi sajian sirip hiu ketika berada di luar negeri. Kendati demikian, bukan berarti Nadine akan diam saja. Ia justru tertantang untuk memberi penjelasan bagaimana cara hewan laut itu diburu untuk memuaskan para pecinta sirip hiu. “Saya tamu, saya enggak akan sentuh, tapi akan bilang, ‘Kamu tahu enggak hiu matinya bagaimana untuk satu mangkok seperti ini?’,” ucapnya seperti dilansir laman okecone.com, Kamis (27/08/2015).

Hiu adalah salah satu biota laut yang langka dan populasinya berkurang dari tahun ke tahun. Untuk menyelamatkan hal ini, Nadine bergabung dalam komunitas Save Sharks untuk upaya penyelamatan hiu dari perburuan manusia. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.