Musisi Addie MS: Hanya Indonesia Tak Punya Balai Konser

2
596
Addie MS bersama Twilite Orchestra (Foto: http://www.rollingstone.co.id/)

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Musisi Addie MS prihatin Indonesia, termasuk Jakarta tidak memiliki Balai konser juga orkestra yang maju. Negara lain sebut saja Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Korea, dan Cina, memiliki orkestra yang lebih maju, profesional dan dikenal dunia.

“Di Cina, ada 76 orkes simfoni yang semuanya didukung pemerintah. Sehingga orkes disana sangat maju. Kita satu pun juga enggak. Pemerintah juga tak mendukungnya, sehingga kondisi orkestra kita ya seperti begini, memprihatinkan,” ungkap Addie MS dalam sebuah acara di Plaza Selatan Galora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Ahad (16/4/2017),

Selain itu, sambung suami penyanyi Memes, Indonesia tak punya Bali konser. Singapura saja, yang negaranya lebih kecil dari Jakarta, memiliki beberapa balai konser. Indonesia, termasuk Jakarta tidak punya sama sekali balai konser.

“Jadi jangan heran jika Singapura ramai dikunjungi orang-orang (wisatawan) dari luar negeri, juga pemusik-pemusik internasional, Coldplay contohnya, sedang dalam tur dan memilih manggung di sana. Sementara itu, Indonesia sering dilewatkan begitu saja,” lontarnya sedih.

Addie (57 tahun) melanjutkan, seharusnya pemerintah provinsi mendukung para pemusik untuk berkarya dengan menyediakan tempat latihan dan concert hall (balai konser). “Saya udah ngomong sama beberapa presiden, menteri, juga gubernur terdahulu, cuma enggak ada yang follow up. Jadi, saya udah apatis,” tutur Addie.

Namun sikap apatis itu berubah bahkan menimbulkan optimisme, saat bertemu dengan Veronica Tan alias Vero (39) pemain cello dalam sebuah latihan Twilite Orchestra di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan. Latihan ini untuk manggung pada acara di Plaza Selatan Galora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Addie MS dibuat merinding oleh istri calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).Merinding bukan karena permainan cello, melainkan Vero sangat peduli terhadap sarana bagi para pemusik, termasuk pemusik orkestra, untuk berlatih dan tampil. “Tiba-tiba Ibu nih kasih perhatian, saya merinding. Saya berkaca-kaca ngomongnya, enggak nyangka,” sambung Addie.

Addie mengaku pernah mendapat pesan dari Ahok, bahwa Vero serius membantu pengadaan sarana bagi para pemusik. “Ahok juga kasih pesan, ‘Pak Addie, Vero tuh serius. Mohon kasih masukannya buat Pemprov biar bantu bidang Pak Addie.’ Maksudnya, bukan bantu aku, tapi bidang orkes simfoni,” ucapnya sambil menambahkan “Berdoa aja, deh. Semoga,” ucapnya lagi.

Langka

Mengundang Vero memang tak mudah. “Jadi saya undang Ibu Vero melalui Iwet Ramadhan. Ternyata Bu Vero berkenan. Aku ajak untuk mainkan orkestra lagu ‘Anging Mamiri’ yang dulu saya buat untuk Garuda Indonesia,” kata Addie

Proses pembuatannya sangat cepat. Hanya butuh setengah jam, mulai dari latihan sampai perekamannya. “Bu Vero merupakan sosok rendah hati, unik, juga langka. Ibu pejabat tapi punya apresiasi musik simfonik. Langka nih. Saya dan para musisi Twilite Orchestra merasakan kedamaian di tengah hiruk pikuk di luar sana,” tulis Addie di akun Facebook miliknya.

Dalam video yang diunggahnya di media sosial, Addie tampak santai mengenakan kaus hitam, begitu juga dengan Vero.

Yeaaay…! Ibu Vero main cello brsm Twilite Orchestra, lagu Anging Mamiri. Menikmati kedamaian di tengah hiruk pikuk di luar sana ???? pic.twitter.com/gS0sqveYrX

“Ibu Veronica Tjahaja Purnama akan memainkan Anging Mamiri bersama Twilite Orchestra,” kata Addie saat memulai lagu tersebut mereka yang apik.

Vero yang duduk di barisan paling depan percaya diri menggesek dawai cello-nya. Setelah lagu selesai dimainkan, Adddie menyahut “Yeaayy…”.

Setelahnya, Vero berdiri sambil memberikan senyum manisnya. Ia pun bersalaman dengan Addie, kemudian mengacungkan jempolnya seraya memberikan apresiasi terhadap musisi-musisi lainnya. “Aku suka aja baru kali ini ada istri pejabat yang menekuni cello,” kata Addie seperti dikutip laman Kompas.com (*/bbs)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.