Museum Rumah Habibie bakal Jadi Ikon Wisata Baru Pare-pare

0
861
Monumen Ainun -Habibie di Alun-alun Kota Pare-pare (Foto: TribunTimur.com)

PARE-PARE, Bisniswisata.co.id: Sebagai Kota Kelahiran Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie, Pemerintah Kota Parepare Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan ruang besar di setiap pembangunan di Kota Bandar Madani yang identik dengan Presiden Ketiga RI. Memang nama besar Prof BJ Habibie dimanfaatkan maksimal, sebagai ikon sekaligus destinasi wisata Kota Pare-Pare,

Pemkot Parepare, berencana mengubah rumah kelahiran BJ Habibie untuk dijadikan museum sekaligus cagar budaya.”Pembangunan museum masih menunggu kesepakatan antara pemerintah kota dan Bank BNI. Jika jadi dibangun, museum menampilkan seluruh aspek kehidupan yang berkaitan dengan BJ Habibie,” papar Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Parepare Iwan As’ad seperti dikutip laman Rakyatku.com, Jumat (04/08/2017).

Iwan mengaku dua kali bertemu dengan pihak BNI Parepare untuk mencari titik temu untuk dibangun museum, sehingga aset milik mereka bisa dijadikan cagar budaya. “Pembangunan museum itu merupakan keinginan pribadi Habibie yang langsung disampaikan kepada Wali Kota Parepare Taufan Pawe beberapa waktu lalu. Bagi Habibie, Kota Parepare sangat berkesan karena merupakan kota kelahirannya,” jelasnya.

Museum ini nantinya akan menampilkan sejarah Habibie. Menariknya lagi, semua tanda jasa bertaraf nasional dan internasional dari tokoh dunia tersebut akan mengisi seluruh museum. “Museum inilah nantinya yang akan memuat sejarah lengkap tentang Prof BJ Habibie, termasuk semua tanda jasa Pak Habibie baik nasional maupun internasional tersaji di museum,” ujarnya.

Dengan kehadiran museum BJ Habibie bisa menjadi destinasi wisata baru di Kota Pare-pare sekaligus melengkapi beberapa obyek wisata terkait dengan nama Habibie yang dibangun sebelumnya. Antara lain:

01. Patung Cinta Habibie-Ainun

Patung Cinta Habibie-Ainun merupakan monumen yang dibangun di sudut Lapangan Andi Makkasau dengan menampilkan patung Habibie bergandengan dengan almarhumah istrinya, dr Ainun. Monumen Cinta Habibie-Ainun di sudut Lapangan A Makkasau Kota Parepare Parepare, Sulawesi Selatan. Monumen Cinta Sejati Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, kepada istrinya Hasri Ainun Besari, ini berlokasi Jl Karaeng Burane, Mallusetasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare. Monumen Cinta Habibie-Ainun di sudut Lapangan A Makkasau Kota Parepare Parepare, Sulawesi Selatan. Monumen Cinta Sejati Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, kepada istrinya Hasri Ainun Besari, ini berlokasi Jl Karaeng Burane, Mallusetasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare.

02. Balai Ainun-Habibie

Balai Ainun Habibie merupakan bangunan berlantai tiga di jalan Habibie. Bangunan tersebut rencananya akan dijadikan tempat memamerkan hasil kerajinan tangan masyarakat Parepare.

03. RS Tipe B Plus Pendidikan Ainun-Habibie

BJ Habibie dan contoh desain pesawat barunya yang digarap oleh Regio Aviasi Industri. Pemerintah Kota Parepare tengah membangun rumah sakit dengan kapasitas 1000 tempat tidur di Tonrangeng, Kelurahan Sumpang, Kecamatan Bacukiki. Rumah sakit ini dinamai RS Tipe B Plus Pendidikan Asri Ainun-Habibie

04. Institute Teknologi Habibie

Institut Teknologi Habibie (ITH) merupakan kampus negeri yang tengah digodok Pemerintah Kota Parepare. Kampus yang konsetrasi keilmuannya nanti dalam bidang teknologi tersebut menunggu izin operasional sebelum menerima mahasiswa baru.

05 Museum BJ Habibie

Nama besar Prof BJ Habibie dimanfaatkan maksimal Pemkot Parepare. Salah satunya dengan menbangun Museum BJ Habibie untuk dijadikan Daya tarik wisatawan berkunjung di Kota kedua yang ada di Sulsel setelah Makassar ini. (*/RAK)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.