Mudik Lebaran, Aturan Ganjil Genap di Jalan Tol Diputuskan Mei

0
458
Tol Macet total (foto: antarafoto)

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Pemerintah berencana menerapkan sistem pengendalian arus lalu lintas berdasarkan nomor polisi ganjil-genap saat masa mudik Lebaran. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan yang biasa terjadi di jalan tol.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya saat ini masih mengkaji rencana itu. Dia berjanji keputusan jadi atau tidaknya akan diumumkan paling lambat bulan depan atau Mei.

“Saya kira, satu bulan ini kita akan diskusi. Nanti bulan Mei kita kabarin akan ganjil genap atau tidak. Jadi ini ide, idenya terimakasih, nanti kita diskusikan apa komplikasinya dalam kehidupan masyarakat,” tuturnya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (14/4/2017).

Mantan Dirut AP II mengatakan rencana ini merupakan usulan dari masyarakat. Dan akan melibatkan sejumlah elemen masyarakat untuk mendiskusikan efektifitasnya. “Itu kan merupakan usulan dari masyarakat, satu perubahan itu tidak mungkin kita lakukan dengan serta merta. Kita akan mengundang masyarakat yang lain termasuk ahli. Katakanlah dari MTI, dari KPPU, LSM, kita undang,” katanya

Diskusi ini penting, lanjut menteri, untuk mengetahui apa komplikasinya dalam kehidupan masyarakat. Menimbang untung rugi penerapan sistem ganjil genap di jalan tol saat mudik lebaran guna menhindari kemacetan parah. “Mei ini lah kita kabarin pakai ganjil-genap atau tidak,” jelas Budi Karya.

Keuntungannya, sambung dia, akan membatasi jumlah kendaraan, sehingga bisa bergantian melewati jalan tol sehingga tidak tumpah ruah ke jalan tol dalam waktu bersamaan. “Ruginya akan menimbulkan masalah untuk orang yang hanya memiliki satu mobil, dan waktu tertentu. Kalau sosialisasi tidak maksimal, tiba-tiba mereka menemukan dia tidak boleh jalan, bagaimana rasanya. Jadi kita lagi diskusikan,” tegasnya.

“Kalau nanti dalam diskusi pada setuju, masyarakat setuju, kita jalani. Tapi‎ kalau banyak yang menolak, ya kita tidak paksakan,” sambungnya. (*/day)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.