Mobil Keluarga Masih Merajai Pasar Mobil Indonesia

0
789
Sebanyak 33% calon pembeli mobil sedang mencari mobil keluarga. Foto. wira-toyota.com

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Penjual retail dan diler mobil, saat ini ada baiknya mengetahui jika tren pembelian mobil secara sedang mengarah pada mobil keluarga. Faktor-faktor konvensional seperti jarak tempuh, warna, dan merek sudah tidak terlalu berpengaruh besar lagi dalam pencarian mobil, sedangkan faktor lifestyle atau gaya hidup menjadi faktor utama yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menentukan pembelian.

Membeli sebuah mobil keluarga adalah sebuah tahapan besar bagi siapapun. Meskipun dengan memilih membeli mobil keluarga, Anda mungkin merasa harus mengesampingkan impian untuk membeli mobil sport atau convertible yang seksi.

Hal yang pasti, menginvestasikan uang dengan membeli sebuah mobil keluarga dirasakan sebagai langkah cermat dan bijak karena dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh anggota keluarga. Dan siapa tahu nanti di saat anak-anak telah tumbuh dewasa, dapat menukartambahkan mobil keluarga tersebut dengan sebuah mobil sport lincah yang selalu diimpikan.

“Carmudi, platform cara tercepat untuk menjual dan membeli kendaraan secara daring, telah menganalisa lebih dari tujuh juta pencarian mobil di situs jual beli kendaraannya dalam satu bulan terakhir,” ujar Public Relations Manager Carmudi Indonesia, Puji Agung Budiman dalam siaran pers yang diterima Bisniswisata.co di Jakarta, Senin, 22/6/15).

Carmudi menemukan lebih dari 33% calon pembeli di Afrika, Asia, dan Timur Tengah aktif mencari mobil keluarga, 19.6% mencari mobil offroad, 11% mencari mobil mewah dan 9.6% menggunakan situs Carmudi untuk mencari kandidat mobil pertama mereka.

Di Asia, saat ini 33% calon pembeli mobil sedang mencari mobil keluarga, padahal jumlah anak rata-rata per keluarga di Asia sebanyak 2,38 anak. Mobil paling laris di Asia, yakni Toyota Corolla yang ekonomis dan tahan banting.

Di Timur Tengah, 30,79% konsumen juga mencari mobil keluarga, dan kendati jumlah anak rata-rata hanya 2,15 anak per keluarga, mobil paling laris adalah Toyota Land Cruiser, yang dapat menampung 4 anggota keluarga dan masih menawarkan banyak ruang.

“Data tersebut di atas dimungkinkan untuk diketahui karena situs Carmudi menawarkan opsi pencarian mobil berdasarkan gaya hidup yang lebih kompleks selain menawarkan opsi-opsi konvensional yang sudah umum disediakan,” ungkap pria yang biasa disapa Agung.

Fakta menarik lainnnya terlihat secara global ukuran keluarga pada umumnya sedang menurun drastis, bahkan di beberapa negara yang Anda tidak sangka, termasuk Indonesia. Pada tahun 2000, tingkat rata-rata kelahiran anak per ibu di Indonesia adalah 2,48 anak, dan hanya dalam waktu 12 tahun angka tersebut menurun ke 2,34 anak.

Hal itu menegaskan temuan dijelaskan The Economist, “Apabila rakyat lebih kaya dan sejahtera, jumlah anak per keluarga menjadi semakin sedikit. Dan apabila jumlah anak per keluarga menjadi lebih sedikit, maka rakyat menjadi lebih kaya dan sejahtera”. Di saat rakyat lebih kaya dan sejahtera itulah, data menunjukkan bahwa mereka semakin mencari mobil keluarga yang dirasakan lebih lapang.

Di Afrika, yang mana tingkat rata-rata kelahiran di benua tersebut sebesar 4,57 anak per ibu, sebanyak 39% pembeli mobil di Afrika mencari mobil keluarga. Dan tentunya tidak mengejutkan bahwa mobil paling laris di benua ini adalah Toyota Hilux, sebuah SUV yang dapat menampung hingga enam orang dewasa.

Di Asia sendiri, saat ini 33% calon pembeli mobil sedang mencari mobil keluarga, padahal jumlah anak rata-rata per keluarga di Asia sebanyak 2,38 anak. Mobil paling laris di Asia, yakni Toyota Corolla yang ekonomis dan tahan banting.

Sedangkan di Timur Tengah, 30,79% konsumen juga mencari mobil keluarga, dan kendati jumlah anak rata-rata hanya 2,15 anak per keluarga, mobil paling laris adalah Toyota Land Cruiser, yang dapat menampung 4 anggota keluarga dan masih menawarkan banyak ruang.

Tentang Carmudi

Carmudi didirikan pada tahun 2013 dan saat ini beroperasi tersebar di Bangladesh, Cameroon, Ghana, Indonesia, Ivory Coast, Mexico, Myanmar, Nigeria, Pakistan, Philippines, Qatar, Rwanda, Saudi Arabia, Senegal, Sri Lanka, United Arab Emirates, Congo, Tanzania, Vietnam, dan Zambia. Pasar kendaraan menawarkan pembeli, penjual dan diler mobil ini masuk ke pasar Indonesia sejak Januari 2014 melalui www.carmudi.co.id dan sejak itu menjadi platform yang ideal untuk menemukan mobil, sepeda motor dan kendaraan komersial secara daring. (evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.