Mivo Hadirkan Fitur “Streaming” bagi Pengguna Android dan iOS

0
2564

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Di era digital kini menonton TV pun terjadi pergeseran dari awalnya memakai perangkat TV kini bergeser ke desktop via live streaming.

Dulu menonton TV harus rebutan remote, kini dengan kemudahan akses internet rebutan remote sudah tak terjadi lagi.

“Adanya pergeseran di masyarakat, membuat fungsi perangkat mobile kian penting. Bukan hanya sebagai alat komunikasi tapi sudah lebih dari itu bisa dipakai menonton TV,” ujar Budi Yuwono, Vice President of Strategic and Innovation Mivo saat Media Gathering “The Evolution of TV ” di Hide Restorant, Jakarta, Selasa (7/4).

Sebagai pionir live streaming pertama dari Indonesia, Mivo yang berdiri sejak 2009, mengklaim telah diakses lebih dari 100 negara, dengan rata-rata kunjungan mencapai 45 juta perbulan. Di mana pengakses dari Indonesia berada di nomor satu, pada angka 12 juta atau 27 persen dari seluruh kunjungan.

“Sebagai platform online TV dapat dinikmati di berbagai platform, dari smart TV, desktop, tablet, dan smartphone. Aplikasinya dapat diunduh di Google play dan app-store. Dan secara statistik Mivo diunduh lebih dari 2,99 juta pengguna android,” ungkap Budi.

Ia mengatakan, “Intinya Mivo ingin menjadi TV anywhere dan anytime, karena perubahan budaya menonton TV di masyarakat saat ini dan masa depan”.

Sekarang ini menurutnya, Mivo Tv telah meluncurkan channel sendiri. Adapun beberapa stasiun tv yang bisa disaksikan melalui Mivo Tv Streaming Online ini adalah: Trans Tv, Indosiar, Daai Tv, SCTV, Tv One, Trans 7, Antv, Space Town, Lunar Tv, Kompas Tv, TVRI, Lejel Tv dan lainnya.

Tak hanya menjadi market place, Mivo Tv juga menghadirkan program berkonsep interaktif antara konten dengan pemirsanya. Salah satunya, melalui program Hot Spot, yang menghadirkan isu-isu terkini.

Program Hot Spot mengundang para pemirsa di berbagai belahan dunia untuk ikut berkomentar langsung seputar isu yang disajikan.

“Setiap segmennya, minimal ada 30-35 call yang masuk pada program Hot Spot. Untuk itu, ke depannya, kami akan bekerja sama dengan seluruh stasiun televisi untuk menghadirkan konten interaktif yang menawarkan engagement dengan pemirsa,” harapnya.

Dikatakannya lebih lanjut, dari 40 saluran TV yang dapat dinikmati di Mivo, dengan berpartner tidak hanya dengan TV nasional swasta Indonesia. Tapi juga dengan TV United Arab Emirates, Iran, Jerman dan India, sambungnya.

Mivo TV ini juga menghadirkan format website, dan untuk Indonesia sendiri, banyak pengguna yang memilih Mivo TV sebagai aplikasi streaming TV gratis.

Kini fitur streaming dari Mivo TV telah tersedia dalam bentuk aplikasi untuk para pengguna smartphone berbasis Android.

“Dengan bantuan Mivo TV, Anda bisa merasakan berbagai macam saluran TV di Indonesia dengan gratis,” tambahnya.

Sementara pada kesempatan yang sama Director of Global Distribution The Indonesia Channel, John Ovrutsky, mengatakan, “Keberadaan Mivo sangat membantu persebaran acara TV saya ke berbagai belahan dunia”.

“Migrasi teknologi TV dari analog menjadi digital harus tetap dikawal dengan baik. Intinya, kans analog masih besar, meski teknologi digital terus berlari,” ungkap Ketua Asosiasi TV Jaringan Seluruh Indonesia, Santoso.

Pemimpin Redaksi Bloomberg TV Indonesia, Endah Saptorini menjelaskan, “Sebuah channel atau konten isinya berbeda, dipastikan akan mencuri perhatian. Sebagaimana Indonesia sebagai emerging market yang diperhitungkan dunia, adalah pasar yang sangat bagus bagi Bloomberg TV Indonesia, yang hanya menyiarkan konten ekonomi dan bisnis”.

mivo1“Atas dasar itu kami menjalin kerjasama dengan banyak pihak, termasuk kepada Mivo, karena terjadi pergeseran habit penonton di Indonesia,” kata Endah.

Head of Dept Channel and Licence PT Surya Citra Media (SCM) SCTV dan Indosiar, Chairunisa Munni menambahkan, “Konten sinetron dan FTV masih menjadi idola penonton Indonesia”.

Dari Survey AC Nielsen dikatakan masyarakat Indonesia masih suka menonton via platform TV, namun bagi orang Indonesia yang berada di luar negeri, berkecenderungan mencari tahu tentang Indonesia, lewat Mivo. (evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.