Menyedihkan, Candi di Jateng & Yogyakarta Jadi Sasaran Teror

0
950
Candi Borobudur

YOGYAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Tindakan terorisme tidak mengenal tempat. Tempat bersejarah dan peninggalan masa silam tak lepas dari target mereka. Berdasarkan informasi dari intelijen polisi, candi yang ada di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini menjadi target teroris. Tidak jelas secara rinci apakah target itu ditujukan kepada wisatawan asing atau peninggalan sejarah yang kierap dikunjungi wisatawan.

“Dari informasi yang diperoleh dari Polri ada indikasi candi menjadi target teror selanjutnya,” kata Kepala Kelompok Kerja (Kapokja) Perlindungan Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta Muhammad Taufik di Yogyakarta, Senin (09/11/2015).

Taufik mengatakan, beberapa lokasi situs purbakala pernah mendapat ancaman dari para teroris. Ancaman terorisme ini cukup tinggi seperti pada Januari 1985. Beberapa bagian Candi Borobudur pernah diledakkan. “Ancaman ini muncul karena ada warga Indonesia sebagai pengikut kelompok teroris,” kata dia.

Taufik menjelaskan, untuk itu pihaknya mengandalkan petugas kepolisian. Namun pihaknya juga membentuk petugas khusus untuk mengamankan wilayah candi. “Personelnya security dan pegawai yang sudah mendapat pelatihan khusus oleh pihak kepolisian. Jumlahnya 40 orang,” ujar dia seperti diunduh laman Liputan6.com

Taufik menambahkan, pihaknya juga memasang kamera pengintai di beberapa lokasi strategis termasuk di pintu masuk. Langkah yang dilakukan ini diharapkan dapat mencegah aksi terorisme sehingga budaya masa lampau dapat diwariskan ke generasi selanjutnya. “Candi-candi besar khususnya Candi Borobudur dan Prambanan semua sudah kita pasangi CCTV,” tandas Taufik. (*/end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.