Menteri Pariwisata Dukung Calendar of Event 2016 Gorontalo

0
597

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat mendukung serta menyambut baik Gorontalo membuat Calendar of Event Gorontalo 2016. Ini menunjukkan Gorontalo serius mengembangkan pariwisatanya. Bahkan serius menarik wisatawan mancanegara (wisman) guna mendukung realisasi target nasional 12 wisman berwisata ke Indonesia dan pergerakan sebanyak 260 juta wisnus pada tahun 2016.

“Provinsi Gorontalo juga mendukung branding Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia sekaligus terus berusaha mengembangkan tiga komponen wisata: aksesibilitas, atraksi dan amenities yang membentuk produk pariwisata daerah ini semakin berkualitas dan memiliki daya saing tinggi,” papar Arief Yahya saat meluncurkan Gorontalo Calendar of Event 2016 di Jakarta, Kamis malam.

Menpar melanjutkan langkah Gubernur Gorontalo H.Ruslie Habibie fokus sektor pariwisata itu sudah sangat tepat dalam kondisi era saat ini. Mengingat Dunia pariwisata masuk dalam gelombang revolusi keempat, cultural industry atau creative industry yang akan menjadi panglima. Tiga revolusi sebelumnya, agriculture, manufacturing dan information technology sudah menemukan eranya.

“Ke depan, era pariwisata. Siapa yang pintar mempersiapkan dari sekarang ini, semakin berpotensi sukses. Dan saya sangat salut dengan Gubernur Gorontalo dan Provinsi Gorontalo yang mampu membaca situasi itu,” lontarnya.

Menurutnya, rumus pengembangan destinasi itu tiga poin tersebut. Perkuat akses (bandara, penerbangan, dermaga laut, pelabuhan), perbanyak dan berbaiki kualitas atraksi (jaga alam, budaya, buatan manusia), lalu siapkan amenitas yang lengkap. “Dan Gubernur Gorontalo mampu membaca rumus itu demi kemajuan pariwisata,” tambahnya.

Gubernur Gorontalo, Ruslie Habibie menjelaskan ada tiga kegiatan festival besar selama 2016 yaitu Festival Pesona Ontanaha dan Pesona Danau Limboto, Festival Pesona Saronde, dan Festival Boalemo.

Festival Otanaha akan berlangsung di Benteng Otanaha, Kota Gorontalo, pada 28-31 Mei 2016 dengan menggelar acara antara lain; pagelaran tarian daerah, stand up comedy daerah, kuliner tradisional “Duwo” dan pameran expo industri kerajinan. Festival Pesona Danau Limboto akan berlangsung di obyek wisata Pentadio Resort pada 16-26 November 2016 dengan menampilkan pawai budaya.

Dari penyelenggaraan Festival Pesona Ontanaha dan Festival Pesona Danau Limboto tersebut, diharapkan masing-masing akan mendatangkan 1.859 wisman dan 35.000 wisnus, serta 1.228 wisman dan 15.700 wisnus.

Dan Festival Pesona Saronde berlangsung di obyek wisata Pulau Saronde 1-4 September 2016 dengan menampilkan parade yacth. Festival ini diharapkan akan dikunjungi 620 wisman dan 18.800 wisnus, sementara Festival Pesona Boalemo yang berlangsung di Pantai Bolihuto pada 27 November-3 Desember diharapkan menarik kunjungan 600 wisman dan 12.000 wisnus.

Untuk mendukung target pariwisata nasional, Gorontalo dengan acara-acara pariwisatanya tersebut berani menetapkan target tinggi yakni sebanyak 3.874 wisman dan 96.026 wisnus, sementara capaian tahun 2015 lalu sebanyak 100 wisman dan 296.217 pergerakan wisnus.

Ditambahkan, Gorontalo sangat lengkap memiliki tiga potensi berupa budaya (culture), alam (nature) dan buatan (manmade) sehingga Kota Gorontalo ditetapkan sebagai kota adat yang ke-9 dari 19 kota adat yang tersebar di Indonesia.

Potensi alam yang dimiliki Gorontalo adalah Taman Laut Olele, Pulau Saronde, Pantai Botutonuo, Pentadio Resort, Pantai Minanga, Pantai Monano, Taman Nasional Hutan Nantu, Pantai Bolihutuo, Desa Wisata Torosiaje, Air Terjun Lombongo, Benteng Ontanaha dan Danau Limboto. Potensi manmade seperti Museum Pendaratan Soekarno juga diharapkan akan menarik banyak wisatawan.

Ditambahkan, Bandara Jalaludin sebelumnya 2. 500 meter, diperpanjang menjadi 2.800 meter. Runaway dari 3.000 meter menjadi 6.000 meter. “Kami sangat berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang mendukung even-even international kami,” ujarnya. (endy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.