Menteri ESDM: Tak Perlu Resah Berwisata ke Pulau Dewata

0
315
Gunung Agung sepi aktifitas (Foto: CNNIndonesia)

JAKARTA, Bisniswisata.co.id: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengimbau masyarakat agar tidak panik, tidak perlu gelisah dan tetap tenang atas terjadinya erupsi Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali pada Selasa (21/11/2017).

Bahkan kepada para wisatawan nusantara (wisnus) maupun mancanegara (wisman) yang ingin berpergian ke Pulau Dewata, mantan Menteri Perhubungan dan Diretur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga berpesan agar tidak perlu resah dengan kondisi Gunung Agung saat ini.

“Bagi para wisatawan, saya mengimbau agar tidak perlu resah, tidak perlu khawatir karena Pemerintah tetap memberikan peringatan (warning) apabila diperlukan,” kata Menteri Jonan seperti dikutip dari webste resmi kementerian ESDM www.esdm.go.id pada Kamis (23/11/2017).

Lelaki kelahiran Surabaya mengimbau masyarakat untuk selalu mengikuti apapun arahan maupun rekomendasi dari pemerintah. “Kami mengimbau agar masyarakat tetap tenang mengikuti arahan dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan Pemerintah Provinsi di Bali,” lanjutnya.

Dilanjutkan, Pemerintah Daerah Bali saat ini tengah mempersiapkan segala hal untuk mengantisipasi meletusnya gunung merapi. “Persiapan sudah panjang dan saya yakin Pemerintah Provinsi di Bali sangat membantu dan sangat tanggap atas apa yang dilakukan,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gunung Agung kembali mengeluarkan letusan abu vulkanik Selasa (21/11) pukul 17.05 WITA. Asap bertekanan sedang dengan warna kelabu tebal teramati dengan ketinggian maksimum sekitar 700 meter di atas puncak. Abu letusan bertiup lemah ke arah Timur-Tenggara.

Berdasar pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi Kementerian ESDM status Gunung Agung masih dalam Status Level III (Siaga). Seluruh masyarakat maupun Pemerintah Daerah, BNPB, BPBD Provinsi Bali, BPBD Kabupaten Karangasem, dan instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan tingkat aktivitas maupun rekomendasi Gunung Agung setiap saat, melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diakses melalui website https://magma.vsi.esdm.go.id. Bisa juga melalui aplikasi Android MAGMA Indonesia yang dapat diunduh di Google Play.

Partisipasi masyarakat juga sangat diharapkan dengan melaporkan kejadian-kejadian yang berkaitan dengan aktivitas Gunung Agung melalui fitur Lapor Bencana. (*/KCI)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.