Menteri BUMN Tak Yakin bikin Merpati Terbang Lagi

0
757
Merpati Nusantara Airlines kian kelabu

JAKARTA, test.test.bisniswisata.co.id: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno tidak yakin bisa menyelesaikan masalah yang melilit PT Merpati Nusantara Airlines (MNA). Merpati saat ini terlilit utang mencapai Rp 12 triliun. Karena itu, maskapai penerbangan ini, sulit untuk beroperasi kembali.

“Saya tidak yakin ketika saat ini industri penerbangan nasional mulai membaik, sehingga menimbulkan kompetisi ketat dan berat antar maskapai. Bisa jadi bangkitnya Merpati, akan menggerus Citilink kan kondisinya sangat membaik,” ujarnya di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (1/12).

Meski berat beroperasi lagi, sambung Rini, hingga kini belum mengeluarkan keputusan resmi ihwal nasib Merpati. Analisa mendalam, khususnya terkait restrukturisasi secara keseluruhan sedang dilakukan. “Kerugian begitu besar, utangnya begitu besar,” ujarnya.

Untuk itu dalam beberapa minggu ini, pihaknya akan mengajak empat Kementerian yakni Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Perhubungan dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan merapatkan solusi untuk pemecahan Merpati.

“Dua sampai tiga minggu kami akan carikan solusinya. Rencananya kami akan menggelar rapat dengan Menkeu Menhub, Menko Perekonomian untuk solusi apa yang dilakukan. Kalau kita lihat sekarang memang sangat sulit untuk operasi kembali,” jelas dia.

Dia berharap dengan menganalisa secara mendalam kasus BUMN Aviasi ini dapat menemukan solusi termasuk pembayaran gaji. “Jadi ini yang akan kita analisa mendalam,” tutupnya. (redaksibisniswisata@gmail.com)

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.