Menpar Arief Yahya Buka Pesta Kesenian Bali Ke-37

0
600
Menteri Pariwisata Arief Yahya

DENPASAR, test.test.bisniswisata.co.id: Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan apresiasinya yang tinggi pada Pemerintah Provinsi Bali dan seluruh masyarakat Bali karena sudah mampu melaksanakan pesta kesenian secara berturut-turut tanpa pernah terputus hingga ke-37 kalinya ini.

“Berkat konsistensi itu pula Bali sudah berkontribusi besar, khususnya di sektor pariwisata. Pada 2014 saja, lebih dari 3,7 wisman yang mengunjungi Pulau Dewata dan lebih dari 6,9 juta wisatawan domestik. Dari kunjungan wisman, setidaknya telah dihasilkan devisa sekitar Rp40 triliun,” ujarnya ketika membuka Pesta Kesenian Bali, Sabtu Malam.

Hadir sekaligus mewakili Presiden Joko Widodo, acara peresmian diawali dengan “Okokan” atau alat musik tradisional khas Kabupaten Tabanan, Bali . Menpar Arief didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Gubernur Bali Made Mangku Pastika, dan Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama.

Dalam sambutannya, Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan Pesta Kesenian Bali merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun sebagi puncak apresiasi seniman Bali dan sarana komunikasi antarseniman.

“Kali ini temanya adalah Jagadhita yang diangkat dalam PKB ini menggambarkan kehidupan seni budaya masyarakat Bali yang tidak terpisahkan untuk mewujudkan kesejahteraan,” ujarnya.

Ia menambahkan, melalui tema tema ini diharapkan mampu menjadi landasan yang kokoh agar seniman lebih bekerja keras dan melahirkan inspirasi seni budaya yang inovatif untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

PKB ke-37 akan berlangsung selama sebulan penuh dari 13 Juni-11 Juli 2015 dengan melibatkan seniman dari Bali, seniman duta dari berbagai daerah di Nusantara dan seniman asing.

Pastika berpandangan dengan keterlibatan kesenian luar daerah dalam PKB, menunjukkan bahwa kesenian dari luar juga dapat hidup berdampingan dengan kesenian Bali.

Setidaknya ada 26 kelompok kesenian di Nusantara yang menyatakan ikut berpartisipasi dalam PKB, diantaranya dari Banten, Jakarta, Yogyakarta, Kaltim, Gorontalo, Sulawesi Barat, NTT, Batam, Lampung Barat, Blitar, dan Bima. Sedangkan kesenian asing diantaranya dari India, AS, Jepang, Australia dan Timor Leste. (hildasabri@yahoo.com)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here